Anies Baswedan Tak Akan Terpilih, Jika Nyapres Sekarang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika pemilihan presiden dilakukan sekarang, Anies Baswedan kemungkinan besar tidak akan terpilih, meski belakangan dia berkunjung ke Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Elektabilitas Anies, tidak bisa mengalahkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil sebagai tiga teratas.

Menurut survei New Indonesia Research and Consulting 15-22 April 2021, elektabilitas Anies berada di bawah Sandiaga Uno yaitu 5,5 persen sedangkan Sandiaga 5,7 persen. Selanjutya ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 4,3 persen.

Angka calon papan tengah itu jauh dibandingkan tiga calon papan atas yang diduduki Ganjar Pranowo dengan 20,3 persen atau naik dari 18,4 persen dibandingkan Februari 2021.

Begitu juga Prabowo yang berada di urutan kedua dengan elektabilitas 17,8 persen yang naik dari survei Februari 2021 di angka 15,6 persen.

Sementara di posisi ketiga ada Ridwan Kamil yang juga mengalami kenaikan dari 13,1 persen di Februari 2021, menjadi 15,5 persen.

“Ganjar, Prabowo, dan RK menjadi tiga tokoh paling kuat untuk dimajukan sebagai capres, jauh meninggalkan tokoh-tokoh yang lain. Jika ada dua atau tiga pasang calon, ketiga tokoh itu diperkirakan akan dicalonkan,” Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono yang dikutip Minggu 2 Mei 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini