Anggota BIN Diterjunkan untuk Gelar Vaksinasi dari Rumah ke Rumah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Intelijen Negara (BIN) terus berupaya membantu pemerintah untuk menghalau penyebaran covid-19 di tanah air. Sesuai instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), para personil BIN diterjunkan untuk memberikan vaksinasi covid-19 dari rumah ke rumah (door to door).

Program ini digelar di 14 provinsi yang menjadi pusat penyebaran covid-19. Vaksinasi ini juga menyasar 19 ribu orang yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Untuk wilayah Jakarta, kegiatan ini dipimpin oleh Deputi I BIN Mayjen TNI Agus Yusni. Timnya tengah memberikan vaksinasi di kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Ia pun lansung memberikan laporan terkait penyelenggaraan vaksinasi kepada Jokowi.

“Saya bersama Ketua RT 06 RW 07 Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo saat ini sedang mengikuti tenaga kesehatan Medical Inteligence BIN mendatangi perumahan masyarakat satu per satu untuk mendeteksi masyarakat yang punya keinginan vaksinasi,” katanya via telekonferensi video, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 14 Juli 2021.

Agus menjelaskan bahwa sudah ada 40 orang warga yang disuntik vaksin Covid-19 pagi ini. Dia menyebut peminat vaksinasi di daerah itu tinggi, tapi banyak yang tak lolos pemeriksaan kesehatan karena memiliki komorbid.

Selain menggelar vaksinasi, BIN juga memeriksa kesehatan masyarakat. Bahkan ikut menyalurkan bantuan beras bagi warga yang membutuhkan. Upaya tersebut pun mendapat apresiasi langsung dari Jokowi.

Ia menilai kebijakan itu dapat mempercepat vaksinasi massal. “Door to door bagus, kita mendatangi yang mau vaksin segera disuntik, program dari rumah ke rumah bagus sekali. Terima kasih,” ujarnya.

Selain itu, BIN juga menangani vaksinasi untuk siswa. Vaksinasi itu diperuntukkan bagi 15 ribu orang pelajar SMP dan 15 ribu orang pelajar SMA. Pemerintah awalnya menargetkan 181,5 juta orang sebagai sasaran vaksinasi covid-19.

Belakangan, target itu diperluas menjadi 208,2 juta orang karena vaksinasi juga akan dilakukan ke anak dan remaja. Pemerintah berencana menuntaskan vaksinasi covid-19 hingga akhir tahun ini. Hingga saat ini, 37 juta orang telah menerima vaksin dosis pertama. Sebanyak 15,3 juta di antaranya telah menerima dua dosis vaksin covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini