Andika Bakal Berkunjung ke Papua untuk Benahi Strategi Penanganan Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memiliki tekad yang kuat untuk menyelesaikan persoalan Papua lewat cara humanis. Ia berencana bertolak ke Papua dalam waktu dekat untuk mengumumkan strategi penanganan daerah rawan tersebut.

Menurut dia, upaya penumpasan kelompok separatis dan teroris (KST) Papua tanpa perlu dengan pendekatan perang. “Nanti mudah-mudahan pekan depan saya akan ke Papua, akan kami umumkan di sana,” kata Jenderal TNI Andika bertemu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Selasa 23 November 2021.

Penanganan KST Papua merupakan janji Andika saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Dia mengatakan, ingin menggunakan diplomasi militer dan pendekatan humanis dalam menyelesaikan persoalan di Papua.

Menantu Hendropriyono ini menjelaskan bahwa pembahasan dengan Kapolri ini diperlukan agar tidak terjadi tumpang-tindih tugas antara personel TNI dan polisi di Papua. Agenda ini dibahas secara detail bersama dengan Kapolri.

Selain soal penanganan keamanan, Andika mengatakan bahwa dirinya juga akan memfokuskan diri untuk penanganan pandemi Covid-19 di Bumi Cenderawasih. Kata dia, soliditas Polri dengan aparat TNI menjadi penting untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam hal ini, mendukung percepatan vaksinasi di wilayah itu.

“Minggu depan saya ke sana, untuk berusaha mempercepat persentase vaksinasi tapi juga akan menjelaskan tentang konsep yang baru,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Listyo menegaskan bahwa dirinya akan terus meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan TNI. Ia mengatakan bahwa kedua pihak sepakat untuk mengubah paradigma dalam menghadapi daerah konflik.

“Tentunya bagaimana kami rubah paradigma terhadap pola-pola penanganan, terhadap beberapa gangguan kriminalitas seperti di Papua, Poso dan juga kegiatan lain tentunya akan terus kita bangun,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini