Alhamdulilah, Jepang Akan Menyumbangkan 2,800 Konsentrator Oksigen untuk Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Jepang berkomitmen membantu Indonesia dalam menangani Covid-19 yang saat ini tengah mengalami lonjakan kasus. Bantuan hibah darurat senilai 5,7 juta USD atau sekitar Rp81,4 miliar akan diberikan pemerintah Jepang untuk Indonesia.

“Jepang akan menyumbangkan 2.800 oxygen concentrator (konsentrator oksigen) kepada Indonesia melalui the United Nations Office for Project Services (UNOPS),” demikian pernyataan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Rabu, 21 Juli 2021.

“Bantuan ini bertujuan untuk mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia yang merupakan mitra strategis bagi Jepang,” sambung pernyataan tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Jepang telah memberikan vaksin Covid-19 sebanyak 2,16 juta dosis kepada Indonesia. Dalam keterangannya, pemerintah Negeri Sakura berharap bantuan ini dapat menekan laju penyebaran virus yang telah menelan lebih dari 4 juta jiwa di dunia itu.

“Vaksin hibah dari Jepang diharapkan dapat berkontribusi pada pencegahan penyebaran penularan COVID-19 di Indonesia. Jepang bertekad untuk terus bekerjasama dengan negara lain dan organisasi internasional terkait, dalam memberikan berbagai bantuan agar pandemi COVID-19 bisa berakhir sesegera mungkin,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia telah mengamankan lebih dari 100 juta vaksin Covid-19 berkat kerja sama dengan negara-negara lain di dunia.

“Indonesia telah mengamankan dan menerima 119,735,200 dosis vaksin, baik dari kerja sama bilateral maupun multilateral,” kata Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual.

Indonesia juga menerima 8,236,800 dosis vaksin AstraZeneca dalam skema COVAX. Sebagai informasi COVAX merupakan skema pengembangan virus yang digalang oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk diberikan kepada negara berpenghasilan rendah dan miskin di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini