Aktivis Lingkungan: Pekan Depan, Banjir Rob Bakal Landa Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Banjir rob diprediksi bakal melanda daerah pesisir pantai utara, Jakarta yang akan memperparah banjir pada awal 2020. Hal itu disampaikan oleh Aktivis lingkungan yang juga menjabat Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Emmy Hafild.

Ia mengatakan pekan depan akan terjadi puncak pasang surut tertinggi karena ada fenomena Bulan Purnama. Saat Bulan Purnama, posisi Bumi, Bulan, dan Matahari segaris sehingga daya tarik Bulan terhadap air laut menyebabkan pasang (air laut naik) menjadi lebih tinggi.

“Seminggu lagi bulan purnama, itu adalah pasang tertinggi, pantura Jakarta akan terendam rob. Kalau rob dan curah hujan bersamaan, maka banjir akan lebih parah,” kata Emmy.

Terkait pernyataan ini, data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan daerah pesisir Jakarta Utara akan terjadi air pasang maksimum pada 9 Januari hingga 11 Januari.

Pasang maksimum akan terjadi pada pukul 10.00 WIB pada 9 Januari, pukul 10.00-11.00 WIB pada 10 Januari dan pukul 11.00 WIB pada 11 Januari. Pasang maksimum ini diduga akan mengakibatkan banjir rob yang bisa memperparah banjir di Jakarta.

Emmy juga mengatakan cuaca ekstrim curah hujan tinggi sudah diperingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sejak awal Desember 2020. Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah juga sudah memiliki peta rawan banjir.

Emmy mengatakan banjir pada hari pertama cuma disebabkan oleh curah hujan yang tinggi di Jakarta. bukan air kiriman dari Bogor. Aktivis berharap Pemprov DKI Jakarta seharusnya membuat saluran air besar yang sesuai debit air yang mengalir.

Selain itu, baik Pemprov dan masyarakat seharusnya sudah mulai membersihkan saluran got dari sampah sebelum musim hujan dimulai.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan pembangunan tanggul pantai untuk mencegah banjir rob ditargetkan selesai seluruhnya pada 2020 mendatang.

Pembangunan tanggul laut tersebut merupakan bagian dari National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) fase A yang memang merupakan kewajiban Pemprov DKI. Setidaknya, ada tiga lokasi tanggul pantai di Jakarta Utara yang harus dibangun yakni Kamal Muara, Pasar Ikan, serta Kali Blencong di Marunda.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini