Akibat Banyak Kecelakaan, PT KAI Tutup 67 Lintasan Sebidang Kereta Api

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sepanjang tahun 2022, PT KAI Daop 1 Jakarta akan menutup 67 lintasan sebidang kereta api. Sembilan lintasan sebidang di antaranya berada di Depok dan Bogor, Jawa Barat.

“Di wilayah Daop 1 Jakarta, KAI memprogramkan penutupan perlintasan sebidang pada 67 perlintasan sebidang di 2022, sembilan di antaranya berada di wilayah Depok dan Bogor,” kata Kepala Bidang Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa.

Menurut dia, hingga April 2022, PT KAI telah menutup tujuh lintasan sebidang. Selebihnya, perusahaan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pejabat wilayah setempat.

“Untuk lokasi lainnya, saat ini masih dalam proses koordinasi dengan kementerian perhubungan dan kewilayahan setempat,” ujar Eva.

Pada hari ini, PT KAI Daop 1 Jakarta menutup secara permanen sebidang perlintasan di rel kereta api Stasiun Citayam usai kecelakaan yang melibatkan KRL rute Bogor-Jakarta Kota dengan satu mobil.

Penutupan ini sebagai pencegahan yang dilakukan PT KAI agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi. Pertimbangan lainnya adalah lintasan tersebut merupakan perlintasan liar yang berpotensi rawan kecelakaan.

“Betul, karena perlintasan sebidang lokasi kecelakaan KRL dengan mobil tidak memiliki pintu otomatis dan rambu peringatan, dan berdasarkan undang-undang perlintasan liar harus ditutup,” katanya.

Eva menyampaikan penutupan perlintasan sebidang itu dilakukan secara manual dan disaksikan langsung oleh Direktur Keselamatan DJKA.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini