Akhir Bulan Depan Indonesia Bisa Produksi Massal Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akhir bulan depan, vaksin covid-19 buatan Indonesia yang bersertifikat halal sudah bisa diproduksi massal untuk bisa digunakan memperkuat program vaksinasi mencegah penularan.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyatakan vaksin yang sering disebut Merah Putih dalam waktu dekat akan mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA).

“Ini kan September. Awal Oktober akan dapat emergency use authorization,” kata Penny Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Rabu 28 September 2022.

Penny menuturkan, Vaksin Merah Putih juga merupakan vaksin yang bersertifikasi halal.

Ada dua vaksin Merah Putih yang akan diproduksi yaitu dengan basis inactivated virus dan mRNA. Keduanya bersertifikasi halal.

PT Bio Farma juga menyatakan siap memproduksi vaksin tersebut di Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, dua vaksin produksi dalam negeri, Inavac dan Indovac kini dalam uji klinis tahap akhir oleh BPOM.

Penny mengungkapkan, kedua jenis vaksin buatan dalam negeri ini juga diusulkan untuk menjadi dosis penguat (booster) dan vaksinasi primer anak. Keduanya kini dalam proses pengajuan protokol uji klinis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini