Ahli Warisnya Wafat, Toko Kopeah M Iming Ingin Hidup 100 Tahun Lagi

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDUNG – Kota Bandung kehilangan salah satu tokohnya yaitu Isa Sabana yang dikenal dengan panggilan Erick. Dia adalah salah seorang pewaris merek peci atau songkok M. Iming. Merek songkok yang sudah berusia lebih dari satu abad.

Menurut rekannya di SMA Negeri 5 Bandung, Isa tidak sedang menderita sakit. Dia berpulang di usia 56 tahun, Senin 13 April 2020 subuh.

Isa adalah generasi keempat dari pewaris toko dan merek dagang M. Iming. Usaha membuat peci itu dimulai Iming di emperan sebuah toko Jalan Ahmad Yani Nomor 14 pada 1918.

Iming sendiri bukan asli Bandung. Dia seorang perantauan dari Pekalongan. Sedangkan huruf M di depan namanya itu bukan kependekan dari Muhammad, tetapi Mas, panggilan untuk kakak lelaki dalam bahasa Jawa.

Namun tidak ada catatan yang bisa diakses masyarakat soal alasan Iming yang anggota Laskar Pangeran Diponegoro itu memilih Bandung sebagai tempat mencari nafkah.

Singkat cerita lelaki kelahiran 1888 itu menjahit sendiri dengan tangan peci-peci yang dijualnya di emperan toko itu.

Keuletannya berusaha membuat Iming bisa membeli toko tersebut setelah peci itu semakin laris.

Iming wafat pada 1960 dan kini usahanya diteruskan keturunannya termasuk almarhum Isa yang tercatat sebagai generasi keempat Keluarga M. Iming.

Sepeninggal Isa, masih ada generasi kelima yang akan meneruskan usaha turun temurun tersebut entah sampai kapan. Mungkin 100 Tahun lagi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini