Ahli Minta GeNose Disempurnakan Agar Lebih Efektif Screening Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Alat pendeteksi Covid19 keluaran Universitas Gajah Mada, GeNose agar terus disempurnakan sehingga pemeriksaan tidak perlu merogoh hidung maupun tenggorokan.

“Di Indonesia ada GeNose, di Belanda ada SpiroNose. Sama2 mendeteksi Covid-19 melalui nafas. Jangan tanya saya siapa meniru siapa. Dua-duanya adalah karya orisinal. Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan. Mudah-mudahan bisa disempurnakan,” demikian pernyataan ahli bioteknologi Universiti Putra Melayu, Bimo Ario Tejo PhD kepada Mata Indonesia News, Minggu 7 Februari 2021.

Menurut Bimo, baik GeNose maupun SpiroNose sama-sama mengandalkan senyawa organik yang mudah menguap dan dikeluarkan penderita Covid19.

Senyawa itu yang kemudian ditangkap dan dibaca detektor GeNose untuk dianalisis.

GeNose menggunakan artificial intelligence untuk menganalisis senyawa yang dikeluarkan nafas tersebut.

Namun, kelemahannya deteksi itu akan terganggu oleh bau rokok dan makanan dengan bau menyengat. Maka, Bimo menganjurkan alat-alat tersebut bisa terus di sempurnakan untuk melakukan screening orang yang dicurigai terinfeksi Covid19.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Upaya Konkrit Cetak Generasi Muda Kokoh

Jakarta – Pengamat Pertahanan dan Pangan, Dina Hidayana memandang program makan siang gratis yang digagas oleh presiden dan wakil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini