16 Agen Spionase Israel Diadili di Turki

Baca Juga

MATA INDONESIA, ANKARA – Sebanyak 16 orang diadili di Istanbul pada Selasa (8/2). Mereka didakwa atas tuduhan spionase politik dan militer atas nama Israel, demikian laporan media Turki.

Para terdakwa, termasuk warga Palestina dan Suriah, ditangkap pada Oktober dalam sebuah operasi yang dilakukan oleh badan intelijen nasional Turki, MIT, menurut surat kabar Sabah yang pro-pemerintah dan media Turki lain. Jika terbukti bersalah, maka ke-16 terdakwa menghadapi hukuman 20 tahun penjara.

Para tersangka diduga memata-matai mahasiswa Palestina dan Turki dan orang lain atas nama Israel, yang beroperasi dalam lima kelompok terpisah. Beberapa tersangka diduga bertemu dengan pejabat Israel di Swiss, Kroasia, Rumania, serta Kenya.

Petugas intelijen Turki dilaporkan memantau kelompok itu selama setahun sebelum akhirnya ke-16 terdakwa ditangkap. Namun, hingga saat ini pihak berwenang Turki belum angkat suara terkait penangkapan tersebut.

Menyusul penangkapan tersebut, mantan wakil kepala Mossad membantah mereka yang ditangkap adalah mata-mata Israel. Media Turki kemudian menerbitkan foto-foto para tersangka, melansir Times of Israel, Rabu, 8 Februari 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini