Ornamen Mewah Mahkota Ratu Elizabeth II

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Kepergian Ratu Elizabeth II tentu menimbulkan duka mendalam tak hanya bagi keluarga kerajaan, namun juga seluruh masyarakat dari penjuru dunia. Seluruh rangkaian prosesi pemakamannya mendapat banyak sorotan. Mahkota sang Ratu pun tak luput dari sorotan.

Ternyata mahkota kerajaan ini merupakan koleksi mahkota tertua yang ada di Inggris Raya, menurut The Court Jeweller. Mahkota ini telah digunakan atau hadir selama penobatan sederet raja Skotlandia, seperti Ratu Skotlandia Mary (1543), James I dan VI (1567), Charles I (1633), dan Charles II (1651).

Dibuat pada 1937, mahkota ini miliki ornamen mewah yang terdiri dari berlian Cullinan 317 karat, 3.000 batu permata, termasuk 2.868 berlian, 273 mutiara, 17 safir, 11 zamrud, dan lima rubi. Berat dari mahkota ini sendiri mencapai lima pons atau 2,26 kg.

Ratu Elizabeth II akan mengenakan mahkota ini setiap tahun guna pembukaan parlemen negara, saat ia duduk di ataas takhta emas membacakan rencana legislatif pemerintahannya untuk tahun depan.

Terdapat juga mitos tentang mahkota ini yang mengatakan bahwa jika berliannya copot, maka akan terjadi bencana. Pada rangkaian upacara prosesi pemakaman sang Ratu, mahkota tersebut diletakkan di atas peti mati. Mahkota ini turut dibawa dari Istana Buckingham menuju Westminster Hall. (Zerena Rahayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini