9 Permen Khas Indonesia yang Langka dan Bikin Nagih

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap orang pasti sudah pernah mencoba permen. Kini permen memiliki beragam bentuk, tekstur dan rasa. Namun tahukah kalau Indonesia juga memiliki permen tradisional yang cita rasanya enak dan membuat ketagihan?  Sayangnya beberapa permen ini sekarang mulai langka dan jarang ditemui.

Berikut 9 permen khas Indonesia yang mulai langka dan sulit di temui :

  1. Rambut Nenek, bentuknya yang sekilas mirip dengan rambut nenek. Rambut nenek terbuat dari gula yang telah dilelehkan dan diberi pewarna kemudian diberi tepung jagung dan ditarik-tarik hingga berubah menjadi lembaran tipis.
  2. Gulali, permen satu ini mungkin merupakan jajanan hits anak-anak ketika jam istirahat pada masanya. Permen yang terbuat dari gula pasir yang dicairkan dan diberi pewarna. Gulali ini mempunyai beragam bentuk menarik mulai dari bunga, burung, hingga hewan-hewan lainnya yang bisa di request.
  3. Permen Jahe, permen yang terbuat dari jahe dan gula merah ini selain enak dan manis juga baik untuk kesehatan. Permen ini dapat membantu menghangatkan tubuh dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Gulo-gulo Tareh, permen tradisional yang berasal dari daerah Bukittinggi ini sudah mulai jarang ditemukan. Gulo gulo tareh berwarna coklat, berbentuk tidak beraturan, panjangnya kira-kira 2 cm dan dilapisi tepung ubi putih.
  5. Permen Asam Jawa, bagi kamu pencinta rasa asam manis, kamu harus mencoba permen satu ini. Permen berbentuk bulat berwarna coklat tua ini memiliki cita rasa asam asam manis menyegarkan.
  6. Ting-Ting Kacang, sebagian orang ada yang permen ini menyebut ting-ting, ada juga yang menyebut enting-enting. Permen ini terbuat dari gula jawa yang dicampur dengan kacang atau wijen kemudian dicetak pipih dan dikeraskan.
  7. Permen Susu Kerbau, permen ini merupakan permen tradisional dari kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Sesuai dengan namanya, permen ini terbuat dari susu kerbau yang diperah langsung oleh peternaknya. Karena orang Sumbawa jauh lebih menyukai susu kerbau ketimbang susu sapi.
  8. Permen Jelly Kering, permen berwarna-warni cantik ini terbuat dari agar-agar atau jelly. Rasanya manis dan terkadang diberikan campuran buah di dalamnya. Permen ini memiliki tekstur kering diluar dan bertabur gula putih sedangkan bagian dalamnya kenyal dan empuk.
  9. Gula gait, gula gait merupakan suguhan permen manis berwarna cokelat yang berasal dari Samarinda. Permen ini dibuat dari campuran gula aren dan gula putih yang dimasak hingga menjadi karamel. Kemudian setelah matang, campuran gula ditarik berulang kali hingga lentur dan dicetak menjadi bentuk dan ukuran kecil.  (Mutiara Putri Kinasih)

Berikut tampilan permen khas Indonesia yang mulai sulit ditemui :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Aparat Keamanan dalam Mewujudkan Pilkada Kondusif

Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kondusif dan aman, peran aparat keamanan sangatlah vital. Dengan sinergi yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini