Sosok Dr. Dre, Rapper Terbaik di Amerika Serikat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA Bagi para pecinta musik hip-hop, mungkin nama Dr Dre sudah tidak asing lagi. Pria yang memiliki nama asli Andre Romelle Young ini merupakan seorang rapper dan produser musik dengan karya yang menakjubkan.

Dr. Dre lahir di Compton, California, Amerika Serikat, 18 Februari 1965. Dr. Dre telah memproduksi album dan menjadi fondasi dari banyak rapper-rapper terdahsyat di dunia. Mulai dari Snoop Dogg, Eminem, dan 50 cent.

Ia juga dianggap sebagai salah satu figur utama dalam kemunculan West Coast G-funk. Jenis musik rap yang kental dengan beatberat dan penggunaan synthesizer yang kental.

Dre memulai karir sebagai rapper, bersama beberapa kawannya. Ia membentuk grup rap N.W.A. bersama rekanny DJ Yella.

Tak hanya itu, ia juga mengajak rapper lainnya untuk bergabung. Di antaranya Ice Cube dan Eazy-E. Alhasil, grup rap ini berhasil membuahkan single pertama mereka pada 1987.

Tahun 1992, Dre merilis debut Solonya “The Chronic” yang dikeluarkan oleh Death Row Record. Album inilah yang membuat Dre mendapat pengakuan sebagai salah satu artis rap terhebat sepanjang masa.

Album The Chronic berhasil menjadikan Dre sebagai The Best Selling American Artist pada tahun 1993. Album ini juga berhasil mendapatkan Grammy Award untuk singleLet Me Ride.

Meskipun sukses bersama Death Row Record, Dre memilih meninggalkan Death Row Record. Hal ini karena perseteruannya dengan Suge Knight pada Maret 1996.

Setelah berbulan-bulan, Dre memulai label rekamannya sendiri degan nama Aftermath Entertainment. Membangun label sendiri ternyata tidak langsung berhasil buat Dre, hingga 1998 dia tidak pernah mencetak hits lagi.

Bukan hanya cemerlang di dunia musik hip hop, Dr. Dre pun juga merupakan pebisnis yang cukup diperhitungkan. Lewat usahanya memproduksi headphone, produk itu pun telah mendunia dan mendominasi penjualan headphone kalangan kelas atas. Dr. Dre sendiri merilis headphone-nya dengan merek Beats by Dre sejak Juli 2018.

Reporter : Mega Suharti Rahayu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini