Mengenal Sosok Ian Fleming, Pencipta Karakter James Bond

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ian Fleming merupakan pencipta karakter fiksi James Bond. Ia adalah seorang sastrawan, pengarang, wartawan dan mantan anggota Angkatan Laut Inggris.

Ian lahir di distrik Mayfair, London pada 28 Mei 1908 silam. Ia merupakan keturunan pendiri bank dagang Fleming & Co. Ayahnya adalah seorang anggota parlemen Inggris perwakilan daerah Harley.

Ian pernah bekerja di sebuah kantor berita di Reuters setelah lulus sekolah. Ketika usianya 32 tahun, Ian memutuskan untuk bergabung dengan Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) dan mendapatkan pangkat Lieutenant Commander, setara dengan pangkat Mayor di Angkatan Darat Inggris.

Ian ditempatkan sebagai seorang asisten Naval Intelligence Director (NID) Admiral John Godfrey di Mabes Royal Navy di London. Ketika Perang Dunia II, Ian terlibat dalam merencanakan dan menjalan sebuah misi Operation Goldeneye di Spanyol.

Ian juga merencanakan pembentukan 2 unit intelijen, yaitu 30 Assault Unit dan T-Force.
Ia pernah ditugaskan untuk melakukan misi rahasia ke Amerika Serikat untuk menjalin kerja sama dengan Office of Strategic Service (OSS), dimana hasil dari kerja sama tersebut adalah cikal-bakal pembentukan badan intelijen CIA.

Pada tahun 1952, Ian memulai untuk menulis novel serial Bond pertamanya, Casino Royale. Novel ini berhasil meraih kesuksesan hingga dicetak ulang sebanyak 3 kali. Kemudian selama 11 tahun, ia melanjutkan 11 novel serial Bond dan 2 cerita pendek.

Novel-novel karya Ian bercerita tentang Commander James Bond, yaitu seorang agen rahasia di MI6 dan Commander di Royal Naval Reserve. Bond sendiri memiliki nomor agen 007 dan kode tersebut mendunia.

Nama James Bond berasal dari nama seorang ahli burung asal Amerika Serikat. James Bond asli pernah menuli sebuah buku berjudul “Birds of the West Indie”.

Dalam novel miliknya, Ian menggambarkan James Bond sebagai pria dengan postur tinggi, tegap, bermata biru, memiliki rambut berwarna gelap dan berjiwa playboy.

Ian juga menggambarkan bahwa Bond piawai dalam menembak, meninju dan bertarung dengan senjata tajam seperti pisau. Latar belakang kelahiran novel serial Bond karya Ian ialah pengalaman pribadinya saat berada di badan intelijen.

Ian meninggal dunia pada 12 Agustus 1964 akibat serangan jantung. Meskipun sudah wafat, namun karya-karya emasnya masih tetap eksis hingga saat ini.

(Shafira Annisa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini