Mengenal Legenda Musisi Country, John Denver

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin kamu pernah mendengar lagu “Leaving on a Jet Plane”, kan? Lagu ini pernah menjadi soundtrack film box office yang berjudul “Armagedon”. Atau mungkin kamu pernah mendengar alunan lagu berjudul “Take Me Home, Country Roads”. Itulah sebagian lagu John Denver yang mendunia dan sampai saat ini masih dinyanyikan kembali oleh beberapa penyanyi internasional saat ini.

Henry John Deutschendorf Jr. atau John Denver ini lahir di Roswell, New Mexico pada 31 Desember 1943. Ia adalah seorang musisi yang menciptakan hampir 200 buah lagu.

Lagu-lagu ciptaannya yang pernah menjadi hits di seluruh dunia adalah “Leaving on a Jet Plane” (1967). Dalam autobiografinya, Denver mengisahkan bahwa sebagai anak tertua dalam keluarga, ia merasakan bahwa ayahnya adalah seseorang yang tidak pernah menunjukkan rasa cinta kepada anak-anaknya.

Justru sosok ibunyalah yang berdarah Irlandia-Jerman yang memperkenalkan rasa cinta terhadap musik. Pada usia 12 tahun, ia mendapat sebuah gitar akustik merk “Gibson” oleh neneknya.

Karier ayahnya sebagai seorang militan menyebabkan keluarganya sering berpindah-pindah tempat tinggal. Sehingga, ia harus menjadi pendatang baru baik di sekolah maupun lingkungan teman bermain.

Bagi Denver kecil yang seorang introvert, tempat yang baru merupakan siksaan baginya. Tucson adalah tempat tinggal yang paling berkesan baginya.

Keinginan bermusiknya tersalurkan dengan bergabung sebagai anggota dari Tucson Arizona Boys Chorus selama 2 tahun. Sayangnya, keluarganya harus pindah ke Alabama setelah itu pindah lagi ke Fort Worth, Texas, yang dua-duanya merupakan tempat yang menyiksa bagi dirinya.

Menyelesaikan sekolah tingkat atas di Forth sangat tidak menyenangkan baginya.
Suatu hari, ia melarikan diri menggunakan mobil ayahnya ke California mengunjungi keluarga temannya untuk memulai karir bermusiknya.

Ayahnya segera terbang menyusul Denver supaya ia bisa menyelesaikan sekolahnya.

Karena hasrat berkarier di bidang musiknya demikian besar, Denver keluar dari jurusan Teknik Arsitektur di Texas Technological College. Pria ini lalu pindah ke California. Ia menambahkan nama “Denver” di belakang namanya dari nama ibu kota negara bagian favoritnya, yaitu Colorado.

Setelah bekerja dengan mengisi acara di klub-klub malam yang penuh asap di Los Angeles, pada tahun 1965 ia bergabung dengan teman-temannya dan mendirikan Chad Mitchell Trio.

Tahun 1969 ia memulai solo kariernya dengan merilis album berjudul “Rhymes and Reasons” di bawah naungan RCA Records.

Meskipun lagu “Leaving On A Jet Plane” tidak terlalu populer saat album tersebut rilis, tak lama kemudian menjadi nomor satu pada “BIllboard Hot 100” di Amerika.

Karier musiknya mencapai puncak saat single “Take Me Home, Country Road” mencapai tangga nomor 2 pada Billboard Charts. Selanjutnya berbagai macam penghargaan membuat menjadi sangat populer, tak hanya di Amerika tetapi seluruh dunia.

Denver menikah dengan Annie Martell yang berasal dari Minnesota. Annie menginspirasinya untuk menciptakan lagu “Annie’s Song”.

Dalam perkawinannya mereka mengadopsi 2 orang anak laki-laki dan perempuan. Pasangan ini memberi nama Zachary dan Anne Kate yang menjadi inspirasi lagu “A Baby Just Like You”.

Setelah bercerai dari Annie, Denver menikah dengan seorang aktris berkebangsaan Australia bernama Cassandra Delaney pada 1988. Mereka mendapat seorang anak perempuan yang diberi nama Jesse Belle.

Tetapi pada 1991 mereka memutuskan untuk berpisah. Selain berkarier di musik Denver juga menjadi aktivis kemanusiaan dan pelestarian lingkungan serta politik.

Selain itu ia mahir dalam menerbangkan pesawat terbang dan mempunyai lebih dari 2.700 jam terbang. Berbagai pesawat pribadi ia miliki. Denver sangat tergila-gila dengan pesawat dan ia memfasilitasi kegemarannya dengan menerbangkan pesawat.

Pada akhirnya ia meninggal karena kecelakaan pesawat jet. Sebagai pilot amatir, Denver kurang menguasai pesawat ini sehingga terjadi kecelakaan itu.

Meskipun sempat ada kecurigaan adanya pengaruh alkohol dalam kecelakaan tersebut, otopsi jenazahnya membuktikan bahwa tidak ada alkohol di dalam tubuhnya.

Di seluruh negara bagian Amerika, terutama Colorado nyari semua rumah mengibarkan bendera setengah tiang dalam rangka memberi penghormatan terakhir kepadanya. Selanjutnya jenazahnya dikremasi bersamaan dengan gitar merk “Gibson” hadiah dari sang nenek.

Upacara pemakaman pada 17 Oktober, 1997 di gereja Faith Presbyterian, Colorado. Pastur  Les Felker, seorang pensiunan perwira angkatan udara, memimpin pemakaman tersebut.

Ini lagu Leaving on a Jet Plane yang menjadi ciri khas John Denver.

Reporter: Muhammad Raja A.P.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini