Maxima, Sosok Ratu Belanda yang Berasal dari Argentina

Baca Juga

MATA INDONESIA, AMSTERDARM – Ada momen menarik saat pertemuan para pemimpin dunia di G-20, Roma Italia beberapa waktu lalu.  Seorang perempuan terlihat menghampiri Presiden Jokowi dan melepaskan maskernya. Perempuan itu adalah Ratu Belanda, Maxima. Ia tadinya hendak menyampaikan pidatonya.

Setelah itu, Jokowi dan Ratu Maxima tampak berbincang sebentar. Jokowi terlihat tertawa saat bertemu Ratu Maxima. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pidato dari Ratu Maxima.

Banyak yang tak tahu siapa itu Ratu Maxima. Perempuan bernama asli Maxima Zorreguieta Cerruti merupakan Ratu Belanda. Ia lahir di Argentina. Maxima lahir di Buenos Aires, pada 17 Mei 1971. Ratu Maxima adalah anak dari pasangan Jorge Zorreguieta dan Maria del Carmen Cerruit Carricart.

Ibu Ratu Maxima, Jorge Zorreguirta merupakan seorang keturunan Raja Afonso II dan Raja Denis dari Portugal maupun keluarga bangsawan di Semenanjung Iberia.

Banyak orang yang mengagumi Ratu Maxima. Selain pintar, ia juga anggun dan ramah. Tak hanya itu Ratu Maxima juga ikut serta dalam perjuangan untuk pengentasan rakyat dari kemiskinan, ketahanan pangan, dan pendidikan.

Ratu Belanda Maxima dan Raja Belanda, Willem Alexander Claus George Ferdinand
Ratu Belanda Maxima dan Raja Belanda, Willem Alexander Claus George Ferdinand

Ratu Maxima juga merupakan istri dari Raja Belanda, Willem Alexander Claus George Ferdinand yang menjabat sebagai Raja Belanda usai sang ibunda turun tahta pada 2013 dan kini menjadi raja termuda di Eropa. Raja Willem adalah anak dari pasangan Putri Beatrix dan Calus von Amsberg yang lahir di Utrecht pada 27 April 1967.

Sebelum mendapatkan gelar sebagai Ratu Belanda di kalangan insan mode, Maxima sudah menjadi ratu. ’Dia memang terlahir untuk menjadi ratu,’’ komentar seorang perancang busana Belanda. Bahkan beberapa perancang busana kelas dunia juga memiliki pendapat yang sama.

Raja Willem dan Ratu Maxima menikah pada 2 Februari 2002 di Amsterdam. Dalam pernikahannya ia dikarunai tiga anak perempuan Putri Catharina Amalia Beatrix Carmen Victoria yang lahir pada 7 Desember 2003, Putri Alexia Juliana Marcela Laurentien yang lahir pada 26 Juni 2005, dan Putri Ariane Wilhemina Maxima Ines yang lahir pada 10 April 2007.

Maxima adalah seorang gadis yang cerdas bahkan dia belajar sambil bekerja sebagai seorang banker ikeuangan besarnvetasi di tahun 1995. Ratu Maxima lulus dari Pontificial Catholic University di Argentina dengan gelar di bidang ekonomi. Setelah lulus Maxima bekerja di perusahaan  dan Deutch Bank di New York.

Tahun lalu tepatnya pada 10 Maret 2020 Raja Willem dan Ratu Maxima pernah berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Maxima dan Wilem disambut baik oleh Presiden Jowo Widodo, dan Istrinya, Iriana.

Ratu Maxima sering kali mendapat sorotan karena gaya berpakiannya yang unik, yakni beliau pernah tampirl dengan topi yang nyentrik. Saat ini ia aktif dalam di PBB sejak 2009, yang saat itu itunjuk menjadi perwakilan OBB terkait keuangan inklusif untuk pembangunan  (United Nations Secretary Generals Spesial, Advocate for Inclusive Finance ) for HOUSE. Kedatangannya ke Indonesia merupakan bagian dari tugasnya yang menjadi perwakilan PBB.

Reporter : Indah Suci Raudlah

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini