Jerome Polin, Youtuber dan Pengusaha Milenial yang Cerdas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di zaman ini rasanya sangat mustahil jika ada orang, khususnya generasi milenial, yang tidak kenal dengan Jerome Polin.

Ya, seorang YouTuber dan pengusaha cerdas yang dikenal karena “jago matematika” ini sangat gemar membagikan kehidupan pribadinya sebagai mahasiswa Indonesia di Jepang. Ia juga sering membuat konten mengenai pembelajaran matematika dan bahasa Jepang.

Lantas, bagaimana sih kehidupan seorang Jerome? Hmm, penasaran kan?

Memiliki nama lengkap Jerome Polin Sijabat, ia lahir di Jakarta pada 2 Mei 1998, dan merupakan putra kedua dari tiga bersaudara.

Sang ayah adalah seorang pendeta, sementara ibunya adalah ibu rumah tangga biasa. Keluarga Jerome memang pernah tinggal di Jakarta, namun di tahun 2004, mereka memutuskan untuk pindah ke Surabaya.

Mengenai pendidikannya, Jerome mengenyam pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengahnya di Sekolah Intan Permata Hati, Surabaya, dengan beasiswa. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 5 Surabaya.

Sejak kecil ia memang bercita-cita kuliah di luar negeri, namun orangtuanya memiliki keterbatasan ekonomi, sehingga ia mencoba mengambil program beasiswa agar dapat kuliah di luar negeri.

Seperti kita ketahui, Jerome menempuh pendidikan perguruan tingginya di Jepang. Namun sebenarnya, Jepang bukanlah negara tujuannya, melainkan Singapura.

Di Jakarta, ia mengikuti ujian seleksi program beasiswa ke Universitas Teknologi Nanyang Singapura. Dan dua bulan pasca ujian, Jerome lulus seleksi. Namun, beasiswanya tidak penuh, hanya mendapatkan setengah saja.

Karena itulah ia membatalkan beasiswa tersebut dan mengikuti saran sang kakak, Jehian, yang kala itu menyarankannya untuk mengambil beasiswa dari Mitsui Bussan, sebuah perusahaan asal Jepang, yang kala itu sedang membuka program Mitsui-Bussan Scholarship.

Jerome pun mengikuti ujian seleksi program beasiswa dan ia berhasil mendapatkan beasiswa penuh di Universitas Waseda Shinjuku, Tokyo, Jepang.

Mengenai kariernya, Jerome bersama sang kakak pernah membuat akun resmi LINE@ yang bersifat akademik bernama ‘Math Q&A’. pada Juli 2015. Banyaknya dukungan dari berbagai pihak membuat mereka memutuskan untuk membuka akun resmi baru yang memuat berbagai materi pelajaran, salah satunya adalah matematika.

Jerome mulai terjun sebagai YouTuber pada Desember 2017. Kala itu ia membuat kanal YouTube bernama Nihongo Mantappu. Di kanal YouTube inilah Jerome membuat konten seputar pelajaran bahasa Jepang dan matematika.

Dan di tahun ini, Jerome bersama kakaknya mendirikan sebuah bisnis minuman teh dengan buah asli, bernama Menantea. Produk ini resmi meluncur ke pasaran pada 10 April 2021.

Karena kecerdasan dan prestasinya, ia masuk ke Forbes 30 Under 30 Asia pada April 2021 bersama Maudy Ayunda. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan IKAPI Awards 2020 untuk kategori “Rookie of The Years”- Mantappu Jiwa (Indonesia International Book Fair 2020).

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini