Ini Lukisan Mona Lisa yang Fenomenal!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika berbicara tentang lukisan bersejarah, Mona Lisa pasti takkan terlupakan. Leonardo da Vinci merupakan seorang detektif seni yang membuat lukisan Mona Lisa.

Sampai saat ini Mona Lisa dianggap sebagai mahakarya yang fenomenal di era Renaissance. Lukisan ini dibuat pada tahun 1503-1506, namun kebenarannya pun masih sering diperbincangkan. Karya Leonard da Vinci menggambarkan sosok wanita berambut panjang dengan gaun berwarna hijau tua, lalu berbentuk potrait dan objeknya diambil setengah badan.

Lukisan Monalisa adalah salah satu karya kesayangan Leonardo da Vinci. Hal Ini terbukti karena da Vinci selalu membawa lukisan tersebut kemanapun ia pergi hingga meninggal dunia. Menurut ahli sejarah, Francesco memesan lukisan ini untuk rumah barunya dan merayakan hari kelahiran anak kedua mereka, yaitu Andrea.

Pada tahun 1516, da Vinci diundang untuk melukis oleh Raja Francois I di Prancis. Raja yang kagum pada karya-karya da Vinci membeli sejumlah lukisan sang maestro termasuk lukisan Mona Lisa dan kemudian memajangnya di istana Château Fontainebleau.

Selanjutnya, Raja Louis XIV memindahkan lukisan ke istana Versailles. Setelah Revolusi Perancis, lukisan berpindah lagi ke istana (sekarang museum) Louvre. Penguasa terkenal pasca Revolusi Perancis, Napoleon I bahkan juga pernah menggantung lukisan Mona Lisa di kamar pribadinya.

Peristiwa mengejutkan terjadi pada tahun 1911, ketika lukisan Mona Lisa dicuri oleh seorang karyawan museum berkebangsaan Italia, Vincenso Peruggia. Ia menyimpan Mona Lisa selama 2 tahun di loteng kamarnya.

Tahun 1913, Peruggia ingin membawa pulang Lukisan Mona Lisa ke Italia dan mencoba menjualnya. Polisi menemukan potret itu tersimpan dibagian bawah salah satu koper milik Peruggia, seorang imigran Italia.

Ia dan dua pekerja lainnya telah mengambil lukisan tersebut dari dinding, bersembunyi di dalam lemari semalaman, dan melarikan diri di pagi hari. Peruggia ditangkap, diadili, dan dipenjara. Setelah ia tertangkap, masyarakat Italia menganggap Peruggia sebagai pahlawan karena berhasil mengembalikan lukisan tersebut ke tanah airnya.

Lukisan Monalisa yang juga dikenal sebagai La Gioconda di Italia dan La Joconde di Perancis. Sementara, subyek lukisannya menurut sejumlah sejarawan adalah seorang wanita asal kota Florence, Italia yang bernama Lisa del Giocondo atau Lisa Gherardini, istri dari seorang pengusaha sutera kaya, Francesco del Giocondo. Mona Lisa, lukisan cat minyak pada panel kayu poplar karya Leonardo da Vinci, mungkin lukisan paling terkenal di dunia.

Tetapi, identitas Mona Lisa tetap menjadi pembicaraan sejarawan seni. Beberapa klaim kreatif menunjukkan bahwa Mona Lisa adalah seorang pelacur, ibu da Vinci atau bahkan seorang laki-laki (Leonardo, Salai). Adapun pendapat lain, Mona Lisa adalah potret Duchess of Forli abad ke-15, Catherine Sforza. Meskipun para sejarawan telah melakukan berbagai upaya, namun tak berhasil. Lisa Gherardini masih secara resmi diidentifikasi sebagai Mona Lisa.

Tahun 1793 Louvre disulap menjadi museum di Paris, Prancis. Tempat yang dulunya merupakan singgasana raja ini sekarang telah menjadi rumah dari salah satu lukisan paling populer di dunia, Mona Lisa, karya Leonardo da Vinci. Hingga saat ini, lukisan Mona Lisa terdapat di museum Louvre, Paris.

Adapun fakta-fakta menarik tentang lukisan Mona Lisa yang dilansir dari berbagai sumber antara lain, yang pertama seorang pencuri membuat lukisan tersebut terkenal. Meskipun dalam dunia seni, lukisan itu selalu menjadi mahakarya yang diakui. Setelah dicuri pada tahun 1911 lukisan itu menarik perhatian masyarakat umum. Koran menyebarkan kisah kejahatan itu ke seluruh dunia.

Kedua, Napoleon sangat mengaggumi Mona Lisa, bahkan keturunannya tahukan Kaisr Perancis yang bernama Napoleon? Nah, si Napoleon itu ternyata pengagum berat lukisan Mona Lisa.

Lukisan tersebut dulunya tergantung di kamar tidur Napoleon. Dikatakan, Napoleon menghabiskan banyak waktu hanya untuk melihat lukisan tersebut. Kecantikan wajah Mona Lisa membuatnya jatuh hati pada Teresa Guadagni yang sebenarnya adalah keturunan dari Lisa Gherardini.

Ketiga, Berapakah harga lukisan Mona Lisa? Pernakah kalian bertanya berapa harga Mona Lisa? Sebenarnya tidak dijual atau belum ada orang yang menawar sih, tapi dari fakta berikut kita bisa mentaksir harganya. Pada tahun 1960, lukisan Mona Lisa pernah diasuransikan $100 million dalam pameran tour atau jika dirupiahkan sekitar 1 triliun.

Keempat, Pria Tewas karena lukisan Mona Lisa. Seorang seniman bernama Luc Maspero tewas bunuh diri pada tahun 1852. Ia lompat dari lantai enam, dan hal yang mengejutkan terdapat pada surat wasiatnya dimana ia menyebutkan bahwa ia telah bergulat selama bertahun-tahun dengan senyuman Mona Lisa dalam lukisan tersebut. Hal tersebut terjadi lagi di tahun 1910 saat seorang pria memutuskan untuk menembak dirinya sendiri karena tak kuat melihat senyuman dalam lukisan Mona Lisa.

Kelima, lukisan ini memiliki ruangan tersendiri di Museum Louvre, Paris. Setelah Louvre meluncurkan renovasi empat tahun senilai $6,3 juta pada tahun 2003. Langit-langit kacanya memungkinkan masuknya cahaya alami, etalase kaca anti pecah mempertahankan suhu terkontrol 43 derajat F. Serta menonjolkan warna asli cat asli da Vinci.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini