Boji, Anjing yang Hobi Naik Transportasi Umum

Baca Juga

MATA INDONESIA, ISTANBUL  –Istanbul adalah salah satu kota di Turki yang jadi rumah bagi 300 ribu kucing dan anjing. Mereka bebas berkeliaran. Pemerintah Kota membiarkan anjing dan kucing ini di jalanan. Warga Istanbul pun tak peduli dengan keberadaan anjing dan kucing ini. Nah, dari sekian banyak binatang jalanan ada satu ekor anjing yang cukup terkenal di kota ini. Namanya, Boji.

Anjing ini berjenis Anatolian Sheperd. Entah kenapa ia gemar sekali memakai transportasi umum untuk bepergian dan jalan-jalan. Nama Boji  awalnya panggilan sejumlah staf transportasi karena mereka sering melihat anjing itu di atas segmen gerbong Bogie.

Nama Boji diambil dari bahasa Turki untuk “Bogie” yang merupakan struktur roda bawah gerbong kereta.

Boji cukup terkenal di masyarakat Istanbul. Penumpang yang bertemu anjing ini akan menepuk lembut dan melakukan swafoto bersamanya. Semakin meningkatnya popularitas Boji, sebuah akun twitterpun dibuat atas namanya. Akun twitter dengan nama @boji_ist ini bahkan sudah memiliki 90 ribu follower sejak muncul pertama kali pada September 2021 lalu.

Karena kesenangan menggunakan transportasi umum, pemerintah menyuntik beberapa vaksin ke anjing ini, termasuk vaksin Corona. Hal ini  supaya kesehatan orang di sekitarnya lebih terjamin. Pemerintah kota juga memasang Microchip di tubuhnya dan terhubung ke suatu aplikasi seluler agar memungkinkan untuk melacak pergerakan Boji.

Dokter hewan rutin memeriksa anjing ini, hampir satu minggu sekali. Selain mendapat makanan dari warga, pemerintah kota menyediakan makan dan minum secara teratur.

Menurut data pelacakan,  Boji ternyata gemar menaiki Trem. Bahkan dalam waktu sehari bisa melewati 29 stasiun metro dengan jarak tempuh 30Km. Seorang masinis trem yang akrab dengan anjing ini mengatakan bahwa sopan santun binatang saat naik dan turun kendaraan menjadi contoh para penumpang manusia.

Anjing Boji
Anjing Boji

Selain Trem, Boji juga gemar menaiki feri. Berada di antara Pantai Eropa dan Asia, Istanbul memiliki sistem feri yang kompleks. Namun Boji pernah terlihat melakukan perjalanan ke Kepulauan Pangeran di Laut Marmara, di lepas pantai Istanbul. Sampai sekarang tidak ada yang tahu bagaimana Boji belajar menavigasi sistem transportasi umum itu sendirian.

Reporter: Desmonth Redemptus Flores So

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini