Akhirnya, Kode Misteri ‘Zodiac Killer’ Terpecahkan Setelah Setengah Abad!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sekelompok pemecah kode berhasil memecahkan sandi yang pernah dikirim ke surat kabar San Francisco Chronicle oleh pembunuh berantai yang dijuluki ‘Zodiac Killer’ sekitar 51 tahun yang lalu.

Pembunuh yang tak pernah tertangkap ini membunuh lima orang dalam rangkaian aksi penikaman dan penembakan yang meneror kawasan Teluk San Francisco pada akhir 1960-an. Pesan berisi kode yang terdiri dari 340 karakter itu adalah salah satu dari beberapa yang dikirim ke surat kabar selama pembunuhan itu terjadi.

Kode tersebut berhasil dipecahkan oleh tiga orang yang berasal dari Amerika Serikat, Belgia, dan Australia.

“Saya harap kalian bersenang-senang saat berusaha menangkap saya. Saya tidak takut dengan apa pun karena itu akan mengirim saya ke surge lebih cepat karena sekarang memiliki cukup banyak budak yang bekerja untuk saya.”

Dalam video yang diposting di YouTube, perancang web asal Virginia, David Oranchak, mengatakan ia memecahkan sandi itu bersama dengan matematikawan asal Australia, Sam Blake dan Jarl van Eycke dari Belgia, seorang manajer gudang dan teknisi perangkat lunak pemecah kode.

Pesan tersebut terdiri dari beberapa baris huruf kapital dan simbol hanya usaha mencari perhatian dari Zodiac. Tim pemecah kode menggunakan teknologi komputer untuk menafsirkan pesan tersebut.

FBI mengatakan akan terus mencari keadilan bagi mereka yang terbunuh. Menurut San Francisco  Chronicle, ini bukan pesan kode pertama yang dikaitkan dengan si pembunuh. Dua lainnya belum berhasil diterjemahkan.

Rangkaian pembunuhan si “Zodiac Killer” dimulai Desember 1968, ketika seorang pria dan perempuan ditembak mati di dalam mobil mereka. Pada Juli 1969, seorang pria dan perempuan lain ditembak, tetapi pria itu selamat.

Pada tahun yang sama, sepasang kekasih ditikam di dekat danau. Kemudian, pada Oktober 1969, seorang pengemudi taksi ditembak mati di San Francisco.

Sang pembunuh yang tidak pernah didakwa dan diidentifikasi telah membunuh 37 orang dalam surat yang dikirimnya melalui koran-koran setempat, tetapi para penyidik telah mengidentifikasi bahwa lima dari tujuh korban merupakan kasus pembunuhan berencana.

Pembunuhan tersebut telah menginspirasi dua film, Zodiac (2007) – yang dibintangi Robert Downey Junior dan Jake Gyllenhaal – dan Dirty Harry (1971) – yang dibintangi Clint Eastwood.

 

Reporter : Afif Ardiansyah

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini