Masyarakat Wajib Tahu, Begini Alur Mendapatkan Vaksin Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat Indonesia di jamin pemerintah alias gratis. Lalu, bagaimana alur mendapatkan vaksinasi tersebut?

Juru Bicara Vaksinasi dan Perwakilan Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, alur vaksinasi covid-19 yang harus diketahui masyarakat. Pertama, calon penerima vaksin covid-19 akan mendapatkan pemberitahuan dari SMS. Pemerintah akan mengintegrasi data masyarakat penerima vaksin corona.

“Jadi nanti calon penerima vaksin covid-19 akan menerima SMS notifikasi karena kita mengintegrasikan satu data untuk vaksinasi ini. Jadi nanti mendapatkan SMS notifikasi,” katanya.

“Tentunya dengan informasi satu data ini akan mencatat barcode dari jenis jenis vaksin yang didapatkan dari masing-masing orang,”.

Kemudian, kata dia setelah mendapat notifikasi SMS, masyarakat akan mengisi data dari SMS tersebut. Lalu, mereka mendapatkan layanan vaksinasi pada waktu yang tempat sudah ditentukan.

“Kita tetap menjaga protokol kesehatan selama memberikan layanan vaksinasi sehingga tidak menumpuk di fasilitas kesehatan dan masyarakat tetap bisa menjaga jarak,” katanya.

Nadia menambahkan, bahwa vaksin covid-19 berbeda. Masyarakat akan disuntik dua kali vaksin dengan selang waktu yang berbeda. Misalnya, hari ini di suntik vaksin Sinovac, 14 hari kemudian harus kembali disuntik.

“Jangan baru vaksinasi satu terus hilang atau lupa jadi ini sangat penting karena tujuan kita adalah kekebalan kelompok dan benteng pertahanan kita melawan covid-19,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Mata Indonesia - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/05) lalu. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan awak media di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa, 21 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini