Partai Golkar Siap Tampung Ganjar jadi Capres?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 memang paling teratas. Namun, PDIP ternyata tidak melihat hal itu, dan tetap mengusung Puan Maharani sebagai calonnya nanti.

Hal itu membuat Partai Golkar tertarik dan siap menampung Ganjar jika terdepak dari PDIP.  

“Jangan khawatir, nanti kalau Pak Ganjar tidak mendapatkan tempat di partainya, ada Golkar terbuka,” kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Golkar Nurdin Halid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Namun, eks Ketua Umum (Ketum) PSSI itu tak ingin menjanjikan posisi yang diberikan kepada Ganjar. Sebab, Golkar telah memberikan sinyal bakal mengusung Airlangga Hartarto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. “Apakah nomor satu atau nomor dua, itu soal nanti,” kata dia.

Dia menyebut relawan Ganjar tak perlu khawatir dengan dinamika pencapresan di PDI Perjuangan. Dia meyakini ada pihak yang akan mengusung Ganjar pada pilpres, salah satunya Golkar.

“Karena ada aspirasi Mazdjo (Ketua Ganjarist), di rumahnya (PDI Perjuangan) tidak ada tempat, ini ada rumah baru (Golkar),” katanya.

Selain itu, Nurdin memprediksi kontestasi politik nasional 2024 nanti berbeda dengan sebelumnya. Pilpres selanjutnya bakal diikuti lebih dari dua pasang calon (paslon). “Feeling saya, tiga calon maksimal, kan ada presidential threshold,” ujarnya.

Peneliti LIPI Wasisto Rahardjo Jati menilai pernyataan Nurdin Halid itu merespons adanya kedekatan PDIP dan Gerindra. Sehingga memicu Golkar untuk pasang badan terhadap Ganjar Pranowo untuk mendampingi Airlangga Hartarto apabila skenario Prabowo-Puan itu terjadi.

Wasisto mengatakan Airlangga berpotensi besar menggaet Ganjar Pranowo mengingat menteri perekonomian tersebut membutuhkan pasangan yang populer untuk menaikkan elektabilitasnya.

Terkait partai politik lainnya akan berkoalisi ke PDI-P atau Golkar, hal ini tergantung trend elektabilitas para calon ke depan.

“Misal Ganjar dan Prabowo bisa konsisten di posisi lima besar dan begitu pula dengan Prabowo, maka hal itu berdampak munculnya ‘perang bintang’ dimana sebagian partai-partai memihak ke kubu Golkar dan sebagian ke PDIP,” ujarnya.

Ia menduga pasangan Airlangga-Ganjar Pranowo kemungkinan akan didukung oleh Partai Demokrat dan Nasdem.

Partai-partai ini bisa merapat karena didorong perlunya menyudahi dominasi PDIP yang sudah 10 tahun berkuasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini