Habib Bahar bin Smith Disindir Tak Berilmu dan Sesat, Habib Kribo: Kayak Orang Primitif

Baca Juga

Habib Bahar bin Smith terus menjadi sorotan publik terkait perseteruannya dengan Rhoma Irama. Pertanyaan tentang kenasaban dirinya sebagai habaib membuatnya sangat marah.

Banyak yang menganggap Habib Bahar sebagai ulama gadungan. Misalnya Guru Gembul, pria bernama asli Jafar Rohadi ini yang menuduh Bahar sering mengutip hadis palsu dalam beberapa ceramahnya.

Selain Guru Gembul, ada juga penceramah lain, Habib Kribo, yang mengkritik Habib Bahar karena dianggap tidak memiliki ilmu. Habib Kribo bahkan menyamakan tindakan Bahar yang sering membanggakan kehabibannya dengan para penyembah pohon.

Dalam kanal YouTube-nya, Habib Kribo mengungkapkan bahwa munculnya tokoh seperti Bahar bin Smith telah membuat Indonesia geger karena keangkuhannya terkait nasab yang dimilikinya.

“Negeri ini sedang dibuat gaduh oleh orang yang katanya punya nasab habib, si Bahar ini. Sebenarnya, dia tidak lebih dari orang yang tidak berilmu. Lucu kan orang membanggakan dirinya ke orang lain, saya ini habib, habib, habib,” ujar Habib Kribo dikutip dari kanal YouTube-nya, Selasa 2 Juli 2023.

Habib Kribo juga menilai Habib Bahar bin Smith salah tafsir dalam berpikir dan menyebutnya sesat. Ia bahkan menganggap Bahar dan kelompoknya seperti orang primitif yang masih menyembah pohon dan batu.

“Saya perhatikan kelompok-kelompok awam ini, tidak punya ilmu, seperti orang primitif. Membanggakan leluhur, seperti penyembah pohon atau batu. Ketika ditanya ilmunya, mereka tidak tahu. Tapi merasa punya keturunan hebat,” kritik Habib Kribo.

Habib Kribo mengingatkan bahwa memiliki garis keturunan nabi bukanlah sesuatu yang harus dibanggakan jika individu tersebut jauh dari akhlakul karimah. Ia juga menekankan bahwa orang biasa yang memiliki adab tinggi harus dihormati lebih dari mereka yang sering mengaku-ngaku sebagai habaib.

“Jadi, jika ada orang yang biasa tapi adabnya tinggi, letakkan dia di atas habib saya. Ungkap dia,” sebut Habib Kribo.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith kebakaran jenggot terhadap pernyataan pedangdunt Rhoma Irama. Penyanyi 72 tahun ini menyebutkan adanya ulama dari silsilah keturunan nabi yang prilakunya tak sesuai dengan ajaran Islam.

Rhoma Irama pun mengingatkan beberapa ulama agar kembali belajar dan mawas diri terhadap dirinya yang kerap menyebutnya habib. Hal itu justru ditanggapi keras oleh Bahar bin Smith dan meluas dibahas di media sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BIN Lahirkan Desainer Muda Profesional Melalui Pelatihan Program PYCH

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) berhasil melahirkan para desainer muda yang sangat profesional. Terlahirnya perancang busana dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini