Arus Mudik Lebaran Wisatawan masih Pilih Liburan ke Parangtritis, Kunjungan Capai 59 Ribu Orang

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul masih jadi favorit wisatawan untuk berlibur meski di puncak arus mudik Lebaran 2024. Meski jadi pilihan banyak orang, jumlah kunjungan masih lebih sedikit dibanding lebaran 2023 lalu. Tahun ini dalam empat hari mencapai sedikitnya 59.927 wisatawan.

Koordinator TPR Parangtritis, Rokhmad Ridwanto menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan sudah berangsur meningkat saat perayaan Idul Fitri, 10 April 2024 lalu.

“Setiap hari terus meningkat wisatawannya karena momentum juga,” ujar Rokhmad, Minggu 14 April 2024.

Catatan kunjungan wisatawan terhitung meningkat pada Rabu, 10 April 2024 sebesar 5.057 orang. Sementara pada Kamis 11 April 2024 mencapai 15.037 orang.

Pada Jumat, 12 April 2024 jumlah kunjungan meningkat jadi 19.465 orang. Pada Sabtu, 13 April 2024 menyentuh 24.868 orang.

Kepala Seksi Promosi Kepariwisataan Dinpar Bantul, Markus Purnomo Adi menjelaskan bahwa kunjungan wisatawan di Bantul memang banyak memilih pantai di wilayah barat.

Antisipasi kemacetan saat arus mudik

Terpisah, puncak arus mudik lebaran diprediksi akan terjadi pada Senin 15 April 2024. Meski begitu, beberapa wisatawan masih memilih untuk menghabiskan waktu sebelum aktif bekerja pada Selasa 16 April 2024 besok.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul, Sri Harsono mengatakan bahwa pada 15 April 2024 kondisi lokasi wisata masih akan terasa padat.

“Jadi kan masih suasana wisata. Kami masih terus melakukan tinjauan ke TPR Parangtritis,” ujar dia.

Sejumlah rekayasa lalu lintas juga diterapkan selama arus balik lebaran kali ini.

“Jadi tempatkan personel di pos penjagaan di bunderan Srandakan, Sedayu dan Piyungan,” ujar dia.

Selama arus mudik, pengendara juga diingatkan untuk mengecek kondisi kendaraan serta kesehatan baik motor dan mobil. Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta menyarankan agar masyarakat mengedepankan keselamatan.

“Pastikan juga kondisi kendaraan yang digunakan. Cek mesin, tekanan ban juga, sehingga kondisi kendaraan layak jalan,” ujar Michael.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini