11,7 Juta Penduduk Keluar Jogja, Puncak Arus Balik Diprediksi Mulai 13-16 April

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Polresta Jogja memprediksi bahwa periode 13-16 April akan menjadi titik puncak dari arus balik mudik Lebaran tahun 2024 di wilayah tersebut. Diperkirakan ribuan hingga puluhan ribu kendaraan dan target 11,7 juta penduduk akan meninggalkan Yogyakarta di periode itu.

Menyambut arus balik mudik Lebaran, Kasihumas Polresta Jogja, AKP Sujarwo, menegaskan pentingnya para pemudik untuk mempersiapkan diri dengan baik serta memastikan kondisi kendaraan mereka dalam keadaan prima.

“Pastikan untuk menjaga stamina dan memeriksa kesehatan agar kondisi tubuh prima, serta pastikan kendaraan dalam keadaan baik. Kesehatan dan ketahanan tubuh merupakan hal mutlak yang dibutuhkan saat beraktivitas di jalan raya,” ujar Sujarwo pada Senin, 15 April 2024.

Selain itu, ia juga memberikan beberapa tips agar arus balik mudik Lebaran 2024 berjalan lancar bagi para pemudik, antara lain dengan beristirahat secara teratur dan tidak memaksakan diri untuk terus berkendara tanpa henti. Istirahat yang cukup akan menjaga kesegaran dan fokus saat mengemudi.

“Pastikan juga untuk memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh, termasuk mesin, tekanan ban, dan perlengkapan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, penggunaan teknologi seperti aplikasi pemantau lalu lintas juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi real-time tentang kondisi jalan, kemacetan, dan rute alternatif.

“Jangan lupa untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan, untuk menghindari kelaparan dan dehidrasi. Persiapan bekal yang sehat dan bergizi sangat penting,” saran Sujarwo.

Bagi para pengendara yang merasa lelah dan kelelahan, disarankan untuk beristirahat di Pos Pam Lebaran yang akan memberikan pelayanan terbaik oleh petugas Polri.

AKP Sujarwo berharap dengan menerapkan tips-tips tersebut, perjalanan arus balik mudik tahun 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Pastikan Seluruh PPS Pilkada Jaga Integritas, Profesional dan Netralitas

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memerintahkan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini