Yuk Kenali! Jenis-jenis Pisang Goreng dari Berbagai Daerah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masyarakat Indonesia tentunya sudah sangat akrab dengan gorengan. Makanan yang bisa dijadikan cemilan ini banyak sekali jenisnya. Salah satunya yaitu pisang goreng.

Tapi tahukah kamu kalau pisang goreng memiliki beberapa varian yang berbeda di sejumlah daerah? Yuk intip apa saja sih.

1. Pisang Goreng Kipas

Pisang Goreng Kipas mempunyai rasa dan bahan pembuatan yang sama dengan pisang goreng biasa. Bedanya, bentuk pisang yang dipotong menyerupai kipas. Di Pontianak biasanya pisang goreng ini disajikan dengan sela srikaya.

2. Pisang Goreng Mulut Bebek

Pisang yang penampilannya serupa dengan keripik pisang ini terkenal di Ternate. Disebut sebagai Pisang Goreng Mulut Bebek karena hasil dari olahan pisang ini terlihat seperti mulut bebek.

Pisang Goreng Mulut Bebek memiliki bentuk panjang, tipis dan ketika dipotong memiliki bentuk seperti paruh bebek. Pisang Goreng Mulut Bebek ini biasa dimakan dengan Sambal Colo-colo, yang terbuat dari campuran cabe, bawang, tomat, jeruk nipis dan kecap manis.

3. Pisang Goreng Manado

Sama seperti pisang goreng pada umumnya, hanya saja Pisang Goreng Manado disajikan dengan Sambal Ikan Roa. Sambal Ikan Roa dibuat dari cabe merah segar ditambahkan ikan roa yang telah diasap. Cocok untuk kamu para pecinta pedas.

4. Sanggar dan Sanggara Pepe

Sanggar merupakan nama olahan pisang yang ada di Kalimantan. Pisang goreng yang disajikan bersama kuah kacang yang manis dan pedas.

Ada juga Sanggara Pepe yang berasal dari Bugis Makassar. Dinikmati dengan sambal juga namun sambal yang digunakan lebih pedas dan dalam proses pengolahannya pisang dipukul hingga pipih, proses pemipihan inilah yang dinamakan pepe.

5. Pisang Goreng Jawa

Kalau di Jawa, pisang goreng disebut Gedhang Goreng yang terbuat dari Pisang Raja. Adonannya terdiri dari tepung beras, telur, serta sedikit campuran batu kapur dan air. Sebagian wilayah di Jawa ada yang menikmatinya dengan cabai dengan adonan dibuat sedikit lebih asin, ada juga yang adonan pisangnya dibuat lebih manis.

Beberapa olahan pisang goreng yang telah disebutkan di atas rata-rata menyajikan pisang goreng dengan sambal, wah, unik ya. Mungkin kamu pernah melihat atau bahkan mencobanya? Kalau sudah pernah mencoba, yang mana favoritmu?

Penulis: Nabila Rahadiantinur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini