Wow, Ini Dia Deretan Jet Tempur Terbaik Israel

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jet tempur merupakan salah satu alutsista di sektor kekuatan udara bagi setiap negara. Maka, pengembangan kekuatan di sektor udara terus dilakukan oleh setiap negara dengan tujuan mempertahankan kedaulatan wilayahnya termasuk Israel.

Salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar ini memiliki beragam jenis jet tempur terbaik yang berkontribusi besar dengan Angkatan Udara Israel.

Pertama, yaitu F-16L Sufa. Israel diketahui memiliki jet tempur jenis F-16 yang paling banyak selain Amerika Serikat. Israel juga mengembangkan 50 persen avionik agar membedakannya dengan F-16 pada umumnya.

Kehebatan jet tempur ini pernah digunakan selama Israel melakukan perang pada tahun 80-an hingga tahun 2006 dengan Hizbullah serta perang 2008 bersama Hamas. Adapun, F-16 ini memiliki jangkauan tempur 339 mil dan kecepatan maksimum 1.318 mph.

Kedua, yaitu F-35L Adir. Pesawat tempur ini sering disebut ‘pesawat siluman’ karena menggunakan anti-radar (RAM) sehingga keberadaannya sulit dideteksi. Selain itu, pesawat ini bisa mencapai kecepatan 1.227 mph melalui turbofan afterburning Pratt and Whitney F135-PW-100 serta dipersenjatai meriam putar 25 mm GAU-22/ A 4-barel serta rudal dan bom.

Ketiga, yakni McDonell Douglas F-15L. Pesawat ini sudah digunakan dalam konflik regional di Gaza sejak tahun 2012. Pesawat ini dilengkapi dengan tenaga turbofan afterburning 2 x Pratt and Whitney F 100-PW-22-. Selain itu, kecepatan pesawat ini maksimum bisa mencapai 1.650 mph.

Keempat, yakni Dassault Mirage III. Jet tempur ini telah digunakan secara luas dalam berbagai konflik termasuk ‘perang enam hari’ pada tahun 1967. Pesawat ini pun mampu menjatuhkan 48 dari 58 pesawat Arab.

Adapun, pesawat ini dinilai memiliki kecepatan maksimum 1.460 mph dan dilengkapi persenjataan seperti rudal dan bom.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini