Wow, Ini Alasannya Anjing Suka Mengejar Orang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa orang mungkin bertanya-tanya ketika ada anjing yang suka mengejar orang atau kendaraan. Hal ini sebenarnya tidak hanya membahayakan bagi orang yang takut dengan anjing melainkan  juga meresahkan bagi sebagian pemilik anjing karena bisa membahayakan hewan peliharaan mereka.

Misalnya seperti pengemudi yang perlu menghindar untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Sementara anjing juga berpotensi tertabrak karena tentu fokus pengemudi akan terganggu. Cukup sulit mengubah kebiasaan anjing untuk mengejar orang namun untuk mewujudkannya bisa dengan memberikan pelatihan.

Hal ini cukup sulit karena mengejar orang atau sesuatu merupakan bagian dari naluri beberapa anjing. Menurut The Nest, salah satu alasan anjing mengejar orang atau sesuatu yaitu karena merasa ada ancaman terhadap ‘wilayahnya’.

Ketika anjing menunjukkan perilaku ini, artinya hewan berbulu ini menganggap orang baru sebagai penyusup. Komuniras pencinta binatang Wag! menegaskan bahwa hal ini dipengaruhi oleh emosi yang kuat pada anjing terhadap ‘wilayahnya’.

Tidak hanya anjing peliharaan, namun anjing liar pun juga demikian. Apabila ada seekor hewan aneh yang berkeliaran di ‘wilayahnya’ maka masalah besar berpotensi terjadi. Salah satu ciri-cirinya yaitu anjing menjadi sering menggonggong untuk mengusir ‘penyusup’ itu.

Sementara itu, sebagian anjing juga tidak menyukai manusia yang berada di luar lingkaran dekatnya. Anjing dengan karakteristik ini mudah untuk mengusir orang yang mengganggu privasinya. Kondisi ini bisa bertambah buruk jika orang tersebut menunjukkan perasaan ragu-ragu, cemas atau takut karena anjing juga merasakan hal itu.

Menurut American Kennel Club, ada beberapa ras anjing yang punya kecenderungan lebih tinggi untuk mengejar orang dan kendaraan. Misalnya seperti sightsound, semua ukurannya dibiakkan selama ribuan tahun untuk mengejar mangsa.

Adapun anjing-anjing ini memiliki pengelihatan dan kesadaran yang sangat baik terhadap lingkungan sekitarnya. Maka wajar apabila anjing ini mengejar apa yang menurutnya mencurigakan ketika berada di sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini