Wow, 5 Aktivitas Ringan Ini Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidak hanya melakukan olahraga berat, namun beberapa aktivitas ringan ternyata bisa menurunkan berat badan. Tanpa melakukan kegiatan yang berat, lima kegiatan ini bisa dilakukan dengan rutin serta dengan cara yang menyenangkan.

Pertama, yaitu dengan melompat di atas trampolin. Aktivitas ringan ini ternyata mampu membakar lemak tubuh serta bisa membangun massa otot dibandingkan dengan berlari. Hal ini dipertegas oleh dokter spesialis obesitas Fatima Cody Standford. Ia menilai bahwa melompat di atas trampolin disebut juga sebagai ‘rebounding’. Istilah ini memiliki arti melakukan kegiatan melompat-lompat yang bisa menurunkan berat badan dengan cara efektif.

“Trampolin berdampak rendah pada persendian. Menggunakan trampoline fitness dapat membantu mereka dengan berat badan berlebih atau mereka yang punya masalah sendi akibat obesitas,” kata Fatima.

Kedua, yaitu melakukan olahraga golf. Komunitas golf yang berbasis di Inggris, Skill Golf menilai bahwa olahraga ini mampu membakar kalori. Hal ini mengacu pada temuan bahwa seseorang yang melewati 18 lubang sambil membawa tongkat golf dengan waktu rata-rata 4 jam bisa membakar sekitar 1.640 kalori.

Ketiga, yaitu dengan melakukan jalan cepat. Penelitian dalam Journal of Exercise Nutrition and Biochemistry, aktivitas ini bisa membantu membakar lemak di perut. Sementara studi lainnya yaitu JAMA Internal Medicine menemukan bahwa laki-laki dan perempuan yang tidak banyak bergerak di usia 40 dan 65 tahun bisa menurunkan berat badan saat berjalan sejauh 3 kilometer setiap minggu.

Keempat, mengutip dari Healthline, seseorang yang memiliki berat 70 kilogram mampu membakar sekitar 260 kalori per 30 menit bersepeda statis dengan kecepatan sedang. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas bersepeda baik di dalam dan luar ruangan efektif membakar lemak tubuh.

Terakhir, yakni berenang. Aktivitas ini dinilai bisa menurunkan berat badan serta menjaga tubuh tetap bugar. Menurut Harvard Health, orang dengan berat 70 kilogram bisa membakar 233 kalori per setengah jam ketika berenang. Setiap gaya pun memiliki dampak berbeda terhadap pembakaran kalori seperti gaya punggung yang bisa membakar 298 kalori, gaya dada dengan 409 kalori serta gaya kupu-kupu 372 kalori.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini