Ini Tempat Ziarah Umat Katolik yang Populer di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebelum Pandemi Covid-19 menyerang dunia, setiap tahun, jutaan orang mengunjungi Vatikan Roma. Sebagai pusat Gereja Katolik seluruh dunia. Roma adalah tujuan para penziarah sekaligus berwisata. Namun Roma bukan satunya tujuan ziarah Umat Katolik. Di beberapa negara ada beberapa tempat atau bangunan yang diziarahi umat Katolik.

Lalu, dimana saja tempat ziarah umat Katolik yang cukup populer? Mari simak dibawah ini!

Fatima, Portugal

Chapel of the Apparitions
Chapel of the Apparitions

Kapel Penampakan/Chapel of the Apparitions, didirikan tepat di lokasi penampakan Maria kepada tiga anak kecil, Jacinta, Lucia dan Francisco, pada tahun 1917. Sejak itulah setiap tahun pada saat perayaan atas penampakan yaitu tanggal 13 Mei – 13 Oktober, jalanan di kota Fatima, Portugal,  dipenuhi para peziarah yang melangkahkan kaki menuju Basilica of Our Lady of Fatima. Di sini juga terdapat pecahan Tembok Berlin, sumbangan Pemerintah Jerman.

Camino de Santiago, Spanyol (Way of St James)

Camino de Santos
Camino de Santos

Salah satu rute ziarah tertua di dunia adalah melewati Spanyol utara, dan berhenti di Katedral Santiago de Compostela. Di sinilah terletak makam St. Yakobus, setelah jenazahnya dibawa dari Yerusalem ke Spanyol menggunakan perahu.

Lourdes, Perancis

Goa di Lourdes
Goa di Lourdes

Tempat ziarah terbesar di Perancis adalah Lourdes, yang dikunjungi kurang lebih 5 juta peziarah setiap tahunnya. Di sini pernah terjadi penampakan Our Lady of Lourdes dan manjadi tempat terjadinya banyak mujizat kesembuhan.

Armagh, Irlandia Utara

St Patrick Armagh Irlandia
St Patrick Armagh Irlandia

Pada saat kekristenan menyebar ke daerah ini pada tahun 400-an, St Patrick mendirikan sebuah gereja sehingga Armagh menjadi kota Kristen. Ia membuat ketetapan agar hanya orang-orang berpendidikan sajalah yang boleh menyebarkan Injil. Ini mengakibatkan banyak institusi pendidikan didirikan.

Yang banyak dikunjungi di sini adalah Katedral Katolik Roma St. Patrick, dan Katedral Anglikan St Patrick.

Einsiedeln, Swiss

Gereja Benedictine Abbey Einsiedeln, Swiss
Gereja Benedictine Abbey Einsiedeln, Swiss

Ini adalah salah satu tempat wisata dan ziarah populer di Swiss.  Sebanyak lebih dari 100 ribu peziarah setiap tahunnya berkunjung ke sini untuk melihat Black Madonna di dalam gereja bergaya Barok di sini. Selain itu di sini juga terdapat Diorama Bethlehem, yang adalah diorama terbesar dengan menampilkan 450 figur. Serta lukisan raksasa Panorama Crucifixion of Christ.

Altotting, Jerman

Bangunan dan Gereja di Altotting Jerman
Bangunan dan Gereja di Altotting Jerman

Lebih dari 1 juta peziarah mengunjungi Chapel of Grace, yang didirikan sekitar tahun 700 dengan Black Madonna-nya.

Sejarah mencatat bahwa jaman dahulu, pada tahun 1489, seorang anak kecil tenggelam di sungai. Ibunya lalu meletakkan tubuhnya di kaki patung Black Madonna. Secara ajaib anaknya kembali hidup. Beritanya pun tersebar dengan cepat ke seluruh pelosok negeri.

Czestochowa, Polandia

Lukisan Black Madonna di Czestochowa Polandia
Lukisan Black Madonna di Czestochowa Polandia

Polandia punya sejarah kekristenan berusia lebih dari 1000 tahun. Negara yang pernah diduduki Jerman ini terkenal dengan Lukisan Black Madonna di Biara Jasna Gora. Setiap tahunnya lebih dari 4 juta berziarah dan mengunjungi wilayah ini. Lukisan Black Madonna pernah mengeluarkan darah ketika diserang menggunakan pedang pada saat terjadi serangan seorang Hussite di tahun 1430.

Medjugorje, Bosnia dan Herzegovina

Patung Maria di Medjugorje, Bosnia dan Herzegovina
Patung Maria di Medjugorje, Bosnia dan Herzegovina

Bunda atau Perawan Maria telah menampakkan diri sejak 1981 kepada enam orang anak kecil dan menjadikan kota ini terkenal sebagai tujuan ziarah. Sekitar 1 juta orang setiap tahunnya datang berziarah. Beberapa peziarah pernah menyaksikan penglihatan di awan berupa hati dan salib di sekeliling matahari. Daerah ini mengalami peningkatan drastis dalam segi ekonomi karena kedatangan para peziarah.

Assisi, Italia

Basilika St Francis of Assisi Italia
Basilika St Francis of Assisi Italia

Kota ini lebih dikenal sebagai tempat kelahiran St Fransiskus. Pengaruhnya diabadikan di dalam Basilika St Fransiskus dari Assisi, yang menjadi salah satu Warisan Dunia. Gereja ini adalah 1 dari 8 gereja bersejarah di kota yang sama. Dua kastil yang dibangun pada Abad Pertengahan mendominasi Assisi.

Reporter : R Al Redho Radja S

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kehadiran Aparat Keamanan DemiLindungi Masyarakat dari OPM

Keberadaan aparat keamanan di Papua tidak lain adalah upaya untuk melindungi masyarakat Bumi Cenderawasih dari kekerasan Organisasi Papua Merdeka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini