Waspada! Ternyata Makanan Ini Punya Kandungan Gula Tinggi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ternyata ada makanan punya kandungan gula tinggi tapi rasanya tidak terlalu manis. Kamu patut waspada dengan makanan jenis ini.

Sekarang ini, banyak orang berusaha untuk menghindari makanan yang manis dan mengandung gula tinggi. Tentu, hal ini bertujuan untuk mencegah risiko penyakit kronis, terutama penyakit diabetes mellitus.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi gula lebih dari 50 gram per hari akan meningkatkan risiko penyakit diabetes, stroke, penyakit jantung koroner, dan penyakit kronis lainnya.

American Heart Association menganjurkan makan gula lebih baik tak lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh untuk wanita per hari. Sementara untuk laki-laki, anjuran makan gula hanya 38 gram atau setara dengan 9 sendok teh.

Tahukah kamu bahwa kandungan gula tinggi juga terdapat dalam makanan tidak manis atau minuman yang sehat? Yuk simak penjelasannya.

1. Yogurt yang tidak berlabel “plain”
Mungkin kamu berpikir yogurt termasuk penganan yang sehat. Tidak salah, yogurt bisa membantu melancarkan pencernaan. Namun, hati-hati dengan kandungan gula di dalamnya.

Pada produk yogurt yang berlabel rendah lemak dan tidak manis saja terdapat gula sebanyak 17–33 gram. Bila ingin mengonsumsi yogurt, sebaiknya pilih yang rasanya plain karena kandungan gulanya cenderung lebih rendah.

2. Saus
Rasanya memang pedas dan tidak manis, tapi saus bisa jadi perusak diet karena kandungan gula yang tinggi. Saat mengonsumsi ini, mungkin kamu tidak menyadari telah mengonsumsi banyak gula.

Tidak percaya? Dalam satu sendok saus terdapat gula sebanyak 4 gram. Bayangkan berapa banyak saus yang kamu pakai untuk menemani ngemil pada makanan Anda dalam sehari.

3. Salad dressing
Banyak yang mengandalkan salad sebagai menu makanannya ketika sedang melakukan diet sehat. Sehat sih, tapi coba lihat nilai gizi pada kemasan salad dressing yang kamu gunakan.

Bila menggunakan dua sendok makan salad dressing sebagai campuran salad, kamy telah mengonsumsi sekitar 7–10 gram gula. Coba hitung berapa banyak salad dressing yang kamu gunakan dan kandungan gula yang tanpa disadari telah dikonsumsi?

4. Buah kaleng atau buah kering
Jika sering mengonsumsi buah kering atau buah kalengan atau buah kering, kamu bisa saja memiliki risiko untuk terkena penyakit kronis lebih tinggi.

Dalam satu buah kalengan saja terdapat gula sebanyak 39 gram. Sementara pada 400 gram buah kering terdapat 25 gram gula yang kamu tidak ketahui. Meski terkadang tidak manis, produk makanan kalengan seperti buah tetap tinggi gula.

5. Jus buah kemasan
Siapa yang tak suka jus buah? Jus buah bisa jadi alternatif sumber serat harian kamu. Tetapi, hal itu tidak setara dengan kandungan gula yang ada di dalamnya. Dalam 35 ml jus apel misalnya, terdapat sedikitnya 39 gram gula atau sama dengan 10 sendok teh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini