Wanita Waspada! Makanan Ini Bisa Sebabkan Tumor Payudara Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baru – baru ini dunia hiburan tanah air dikejutkan dengan seorang artis cantik Mashanda yang membagikan kabar kondisi kesehatannya. Ia mengaku sudah mengidap tumor payudara selama satu tahun terakhir dan saat ini tengah mengjalani perawatan di Singapura.

Benjolan pada payudara kerap dikaitkan dengan penyakit kanker payudara. Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker dan mematikan.

Kanker payudara termasuk sebagai penyakit penyumbang angka kematian tertinggi di dunia yang terutama menyerang kaum hawa.

Sementara, penyakit tumor payudara jinak tidak demikian karena pada umumnya tidak terlalu membahayakan nyawa para penderitaya.

Selain itu, tumor payudara juga dapat berasal dari berbagai makanan yang kita makan sehari – hari. Apa saja ya? Ini dia beberapa makanan yang harus kita kurangi atau hindari untuk cegah tumor payudara..

  1. Daging Merah

Daging merah adalah salah satu jenis makanan penyebab tumor payudara. Yap, daging merah, termasuk daging sapi, domba, kambing, dan babi, mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dibandingkan jenis daging lainnya, seperti daging unggas atau ikan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara daging merah dan peningkatan risiko tumor payudara. Terlebih jika Anda memasak daging merah pada suhu yang tinggi atau dibakar sehingga memicu proses pelepasan racun.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi daging merah juga berkaitan erat dengan risiko kanker pankreas, kolorektal, dan perut. Maka dari itu, sebaiknya batasi menyantap daging merah dengan jumlah maksimal 1800 gram per minggunya.

  1. Makanan Yang Mengandung Gula

Gula memang bukan jenis makanan penyebab tumir payudara secara langsung. Kendati demikian, terlalu sering mengonsumsi gula yang berasal dari aneka biskuit, es krim, madu, cokelat, dan lainnya, dapat meningkatkan risiko Anda terkena tumor payudara melalui peningkatan berat badan.

Sebuah studi menyebutkan bahwa makanan manis yang mengandung gula tinggi memengaruhi kerja insulin tubuh sehingga berpotensi menyebabkan resistensi insulin.

Resistensi insulin bisa membuat tubuh tidak dapat merespons insulin. Akibatnya, semakin banyak glukosa yang mengalir bebas dalam pembuluh darah.

Kondisi tersebut yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan androgen. Ketika produksi kedua hormon tersebut tidak dapat terkendali, maka risiko tumor payudara dapat meningkat.

  1. Makanan Kalengan

Makanan kalengan juga diduga kuat dapat menjadi faktor makanan penyebab tumor payudara. Beberapa jenis makanan kalengan, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan kalengan, pasta kaleng, dan sup kaleng.

Selain itu, makanan kalengan biasanya cenderung mengandung banyak tambahan gula, garam, dan pengawet. Berbagai bahan tambahan tersebut tentu saja tak sehat bagi tubuh apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Reporter : Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini