Wanita Waspada! Kenali Gejala Kista yang Dialami Sarwendah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar mengejutkan dari Ruben Onsu, beberapa waktu lalu sang istri, Sarwendah menjalani operasi di salah satu rumah sakit yang ada di Jakarta. Ruben mengungkapkan istrinya mengidap kista.

Seperti yang dilihat dari kanal YouTube The Onsu Family, ibu tiga anak itu langsung melakukan tindakan medis agar tidak membahayakan nyawa. Ruben Onsu juga mengatakan operasi yang dijalani Sarwendah berjalan lancar.

Kista merupakan kondisi yang disebabkan oleh benjolan berbentuk kapsul atau kantung yang berisi cairan, udara, nanah, atau zat padat seperti rambut yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun. Selain itu, ada beberapa gejala kista pada tubuh yang harus diwaspadai.

Seperti yang dilansir dari laman Alodokter, kenali gejala kista berikut ini.

Gejala utama kista yaitu tumbuhnya benjolan tergantung jenis kista yang dialami, benjolan bisa tumbuh di kulit kepala, wajah, leher, dada, punggung, telapak tangan atau telapak kaki. Kista biasanya membesar dengan lambat, dan jika kista membesar, menekan organ, pecah, terinfeksi atau tumbuh di area sensitif, kista bisa menimbulkan nyeri.

Selain benjolan dan nyeri, kista juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti:

Kemerahan di kulit sekitar area kista
Keluar darah atau nanah yang berbau tidak sedap dari benjolan
Kaku atau kesemutan, terutama di bagian tubuh yang ditumbuhi kista

Pada perempuan yang mengalami kista ovarium, biasanya akan menimbulkan gejala khusus karena terletak di organ dalam tubuh, seperti:

Mual dan muntah
Demam
Pusing
Nyeri ringan atau berat di bagian bawah perut
Nyeri saat berhubungan seksual
Perut bagian bawah terasa penuh atau kembung
Sakit saat menstruasi

 

Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas dan merasakan benjolan di bagian tubuh tertentu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini