Wanita Hamil, Jangan Lupa Lakukan Ini usai Hubungan Seks

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa hal yang tak boleh dilupakan wanita hamil usai melakukan hubungan seks, yaitu menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim.

Saat hamil perlindungan yang dilakukan setelah seks tidak bisa disepelekan untuk mencegah berbagai risiko kesehatan yang akan berakibat pada sang buah hati.

Dikutip dari Hello Sehat, Minggu 27 Juni 2021, ada beberapa hal wajib yang perlu kamu lakukan setelah seks untuk kesehatan vagina dan menjaga buah hati dalam kandungan.

1. Buang air kecil
Jangan sepelekan untuk buang air kecil setelah seks. Wanita harus buang air kecil setelah berhubungan seks. Dengan buang air kecil, maka sama saja kamu membantu tubuh membersihkan bakteri yang menempel di ujung uretra.

Hal ini dikarenakan bakteri dari rektum bisa mendekati uretra dan dapat menyebabkan infeksi. Apalagi wanita hamil berisiko tinggi terkena infeksi saluran kencing (ISK) di minggu ke-6 hingga minggu ke-24 kehamilan. Terlebih jika kamu didiagnosis mengalami ISK ini dan tetap dibiarkan tanpa diobati maka infeksinya akan menjalar ke ginjal.

Ginjal yang terinfeksi bisa menyebabkan persalinan dini dan berat bayi lahir rendah. Untuk itu, cegah kemunculan infeksi dengan buang air kecil setiap selesai berhubungan seks.

2. Membersihkan vagina
Setelah buang air kecil untuk menghilangkan bakteri di ujung uretra, maka supaya semakin bersih kamu harus membersihkan vagina.

Pelumas, air liur, dan bakteri serta jamur yang menempel di vagina dan sekitarnya selama berhubungan seks bisa berkembang menjadi infeksi jika tidak dibersihkan dengan benar.

Infeksi yang terjadi saat hamil dan tidak ditangani dengan baik bisa membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan. Untuk itu usahakan untuk selalu membersihkan vagina setelah berhubungan seks ketika hamil.

Gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung pewangi untuk membantu mengangkat bakteri dan kotoran yang menempel di sekitar vagina bagian luar. Gunakan air hangat dengan membasuhnya dari depan ke belakang. Ingat, kamu hanya perlu membersihkan bagian luar vagina saja.

Membersihkan vagina bagian dalam justru dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri yang melindungi vagina dan meningkatkan risiko infeksi.

3. Mengganti celana dalam
Untuk menjaga kebersihan vagina, ada satu hal lagi yang perlu kamu lakukan selain buang air kecil dan membersihkannya. Kamu perlu mengganti celana dalam bekas pakai untuk menghindari ISK dan infeksi lainnya.

Celana dalam yang lembap saat bercinta jika digunakan kembali akan merangsang jamur dan bakteri berkembang biak. Untuk itu, gantilah celana dalam kamu setiap habis bercinta.

Gunakan celana dalam berbahan katun yang longgar agar keringat terserap dengan baik dan memungkinkan adanya sirkulasi udara untuk menjaga vagina tetap kering.

4. Minum air putih
Minum air setelah seks membantu membuat kamu kencing lebih banyak. Dengan begitu, akan lebih banyak bakteri yang akan keluar dari tubuh sebelum infeksi menyebar.

Dehidrasi bisa memengaruhi kesehatan tubuh termasuk vagina. Seks ketika hamil membutuhkan energi lebih sehingga dapat menambah produksi keringat yang dikeluarkan. Jika asupan cairan yang keluar tidak digantikan, maka bukan tidak mungkin kamu akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi saat hamil dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti cacat tabung saraf, berkurangnya cairan ketuban, hingga persalinan prematur. Untuk itu, usahakan untuk selalu minum air putih setelah berhubungan intim dengan pasangan agar janin tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko berbahaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini