Wajib Tahu! Ini Cara Paling Ampuh Detoks Diri dari Gadget saat Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap saat kita tak pernah lepas dari gadget dan sosial media. Benda tersebut selalu ada di tas kita bahkan setiap hari kita pegang.

Saking menjadi kebutuhan yang tak bisa terlepaskan, banyak orang lebih memilih ketinggalan dompet ketimbang gadget-nya.

Sayangnya, keseringan menggunakan gadget sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan. Apalagi di masa pandemi saat ini.

Kita terdorong menggunakan gawai lebih sering untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan Covid-19. Namun, hal tersebut lama kelamaan menimbulkan keresahan dan ketakutan tersendiri untuk kita.

Maka, ada baiknya kita melakukan detoks gadget demi kesehatan, baik fisik ataupun mental. Hal tersebut bisa mengurangi kekhawatiran yang tidak perlu di masa pandemi seperti ini.

Berikut adalah cara mudah untuk mendetoks diri dari gadget selama masa pandemi.

1. Membatasi Penggunaan Gadget

Saat memutuskan detoks gadget, ada baiknya kamu mengurangi penggunaan gawai seminim mungkin. Hal ini bisa membantumu mengurangi memeriksa pemberitaan yang tidak perlu kamu ketahui.

Memang sulit rasanya jika harus melepaskan gadget dengan total. Gak masalah kok, kamu bisa melakukannya perlahan-lahan, agar dirimu bisa terbiasa.

2. Membatasi Konsumsi Media

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk detoks diri dari gadget ialah membatasi konsumsi media. Tak jarang kita penasaran dan ingin tahu apa yang sedang terjadi terkait dengan virus corona. Tapi, di sisi lain kita jadi merasa was-was dan khawatir akibat membaca berita itu.

Maka ada baiknya untuk membatasi berita atau informasi yang kita konsumsi setiap harinya. Pastikan pula untuk mencari berita dari sumber yang terpercaya dan sudah terjamin.
3. Me-non Aktifkan Sosial Media
Jika ingin lebih maksimal, ada baiknya kamu me-non aktifkan sosial media agar tak ada notifikasi berita yang tak perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kesehatan mentalmu lebih terjaga dari perasaan ketakutan yang berlebih.
4. Buat Jadwal Tanpa Gadget
Biar lebih mudah dan tertata, cobalah membuat jadwal untuk beraktivitas tanpa gadget. Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk menggunakan gadget, maka usahakan saat jam istirahat Anda terbebas dari gadget. Terapkan jadwal ini secara bertahap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini