Wajib Tahu, Ini Cara ‘Merawat Diri’ supaya Tidak Stres dengan Biaya Minimal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rutinitas yang melelahkan kerap memicu rasa kesal, stres, mudah marah dan bosan. Melihat hal ini, sebagian orang sering menyarankan agar menyegarkan diri pergi ke salon atau spa bahkan ikut bermeditasi di pusat yoga. Namun, hal ini sulit dilakukan bagi orang yang sedang mengalami kondisi finansial yang tidak stabil.

Maka, menurut Psychology Today, ada beberapa cara ‘merawat diri’ sendiri tanpa harus melakukan aktivitas yang berat atau pergi ke spa. Cukup dengan menerima diri sendiri apa adanya, maka ketenangan bisa didapatkan.

Ada banyak model perawatan diri yang bisa dilakukan. Bahkan, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk merawat diri sendiri. Beberapa caranya yaitu pertama, dengan merapikan ruangan. Mengutip dari Very Well Mind, merapikan ruangan bisa bermanfaat untuk meredakan stress. Ruangan yang bersih bisa menjaga suasana hati tetap baik.

Sama halnya dengan di dapur, yakni memastikan untuk menyimpan benda-benda yang memang rutin digunakan di dapur. Hal ini membantu supaya lebih fokus ketika memasak.

Kedua, yakni dengan mengatur ruang kerja yang ada di rumah. Membersihkan ruang kerja dan mengaturnya agar lebih nyaman. Hal ini akan membuat kerja menjadi lebih fokus sehingga pekerjaan tidak akan membebani pikiran.

Ketiga, yaitu dengan menjalin relasi dengan kerabat lama atau teman lama. Hal ini bisa dilakukan di luar rumah atau tempat yang menyenangkan. Aktivitas ini merupakan salah satu bentuk perawatan diri karena menjalin relasi dengan kerabat lama bisa saja menjadi dukungan moral bagi pikiran yang sedang tidak baik.

Keempat yaitu dengan mengatur rutinitas pada pagi. Caranya dengan membiasakan diri untuk bangun tidur di pagi hari tanpa tergesa-gesa dan melakukan aktivitas ringan lainnya. Selain itu, meluangkan waktu beberapa menit dengan memusatkan pikiran bisa membantu untuk meningkatkan suasana hati.

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini