Wajib Tahu, Ini Buah dan Sayuran yang Efektif Menurunkan Gula Darah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengontrol gula darah sudah menjadi kewajiban bagi penderita diabetes, caranya dengan mengurangi asupan supaya kadar gula dalam darah bisa stabil. Buah-buahan dan sayuran menjadi bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengontrol gula darah. Namun, tidak semua buah dan sayuran aman untuk penderita diabetes.

Mengingat, kandungan karbohidrat dan zat gula terdapat di dalam buah-buahan yang bisa meningkatkan gula darah. Misalnya seperti buah pisang, semangka, nanas, anggur dan buah pir.

Mengutip dari Healthline, ada 5 buah dan sayuran alami yang bisa menstabilkan gula darah. Pertama yaitu brokoli. Brokoli dinilai memiliki sulforaphane yaitu senyawa yang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula dalam darah.

Studi yang dilakukan terhadap binatang juga memperlihatkan bahwa senyawa yang ada pada brokoli efektif digunakan sebagai nutrisi anti diabetes. Intinya, dengan mengonsumsi brokoli secara rutin bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Kedua yaitu labu atau waluh karena dinilai kaya serat dan antioksidan. Tidak hanya itu, labu bisa digunakan untuk menstabilkan gula dalam darah. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan terhadap binatang memperlihatkan bahwa labu bisa efektif menjaga kesehatan penderita diabetes.

Ketiga yakni kacang-kacangan. Dalam hal ini bisa kacang original atau kacang yang sudah diolah dalam bentuk butter. Penelitian menyebut bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin bisa dianggap bagian dari upaya diet karbohidrat.

Keempat, yaitu okra. Sayuran ini memiliki komponen alami yang bermanfaat menurunkan level gula dalam darah. Adapun komponen tersebut adalah polysaccaridhes dan flavonoid antioksidan. Di Turki, biji orka sudah lama diekstrak dan dijadikan obat herbal bagi penderita diabetes tipe 2.

Terakhir yakni buah beri. Meski tidak memiliki senyawa khusus yang efektif menurunkan gula dalam darah namun superfood yang kaya akan serat dan antioksidan ini mampu menyehatkan tubuh para penderita diabetes tipe 2.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini