Wajib Dihindari, Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung Naik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Asam lambung naik merupakan suatu kondisi yang kerap membuat penderitanya merasakan nyeri disertai sensasi panas di dada. Gejala ini muncul karena dinding lambung yang mengalami iritasi.

Penyebabnya bisa beragam. Bisa karena pola makan yang tidak teratur hingga salah mengonsumsi makanan. Berikut ini daftar makanan yang perlu dihindari untuk cegah asam lambung naik :

Gorengan
Gorengan, jeroan, keripik, kerupuk, makanan bersantan, daging olahan dan sederet makanan tinggi lemak lainnya, sebaiknya dihindari penderita asam lambung.

Makanan tinggi lemak ini dapat menyebabkan malfungsi lower esophageal sphincter (LES) atau lingkaran otot bagian bawah esofagus. Apabila esofagus sudah melemah, risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan semakin meningkat.

Roti
Ada banyak varian roti yang biasa dikonsumsi, mulai dari roti putih, bagelen, roti gandum, sampai roti pita.

Namun, pengidap asam lambung tak disarankan untuk mengonsumsi roti putih. Kandungan ragi yang tinggi pada roti putih dapat memicu naiknya asam lambung.

Sebagai gantinya, Anda bisa beralih ke roti gandum yang minim ragi dan memiliki manfaat lain. Roti jenis ini baik untuk pencernaan, rendah kalori, serta membuat kenyang lebih lama.

Makanan tinggi garam
Makanan tinggi garam jadi penyebab asam lambung naik. (iStockphoto/Detry26)
Makanan tinggi garam atau yang terlalu berbumbu gurih juga kurang baik untuk kesehatan lambung, mengutip Healthline.

Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi makanan berlemak dibarengi dengan kandungan tinggi garam mengeluhkan gejala maag setelahnya.

Selain itu, terlalu sering konsumsi makanan tinggi garam dan terlalu berbumbu pekat juga berisiko mempercepat terjadinya refluks.

Bawang-bawangan
Bawang-bawangan termasuk jenis tanaman rempah yang biasa dijadikan bumbu masak untuk meningkatkan cita rasa.

Pengidap asam lambung perlu mengurangi konsumsi bawang putih dan bawang bombay karena bisa memicu peningkatan produksi asam lambung.

Selain itu, makanan dengan kandungan bawang putih dan bombay yang cukup banyak bisa mengakibatkan rasa sakit di lambung serta sensasi panas di dada (heartburn).

Makanan pedas
Makanan berbahan cabai juga jadi penyebab asam lambung naik. (Hans/Pixabay)
Makanan penyebab asam lambung naik berikutnya yaitu makanan pedas dengan campuran cabai.

Senyawa capsaicin pada cabai memicu iritasi pada dinding lambung dan mengakibatkan timbulnya gejala-gejala maag. Apalagi, jika mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak, laju pencernaan dalam tubuh jadi lambat dan akhirnya muncul reaksi heartburn.

Alkohol
Selain minuman, alkohol kerap digunakan sebagai campuran olahan makanan, mulai dari masakan berkuah atau kue-kue basah untuk dessert.

Makanan penyebab asam lambung naik yang mengandung rhum atau alkohol ini dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini