Waduh! Dua Lipa Dituntut Plagiarisme

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOS ANGELES – Belum lama ini Dua Lipa dituduh telah melakukan plagiarisme untuk lagunya yang  berjudul ‘Levitating’. Tuduhan itu diajukan oleh anggota band reggae asal Florida, Artikal Sound System.

Melansir dari Billboard, Dua Lipa digugat karena pelanggaran hak cipta pada Selasa, 1 Maret 2022 waktu setempat. Artikal Sound System menglaim bahwa bintang pop Inggris itu telah mencuri lagunya yang rilis pada 2017 dan kurang terkenal.

Artikal Sound System mengajukan gugatan tersebut ke pengadilan federal Los Angeles. Mereka menglaim lagunya yang berjudul ‘Live Your Life’ telah dicuri oleh Dua Lipa.

Keluhannya tersebut sebagian besar berisi klaim pelanggaran hak cipta dengan sedikit detail tentang bagaimana atau mengapa Dua Lipa diduga menyalin lagu tersebut. Dikatakan kedua lagu tersebut sangat mirip sehingga ada spekulasi lagu ‘Levitating’ dibuat bukan secara independen.

Namun pihak Dua Lipa maupun Warner Music Group masih belum memberikan komentarnya terkait gugatannya tersebut.

Sementara itu, ‘Levitating’ telah rilis sejak 2020 melalui album studi kedua Dua Lipa yang berjudul ‘Future Nostalgia’. Lagunya berhasil menempati puncak tangga lagu yang berada diposisi kedua di Hot 100 dan mendapatkan kehormatan sebagai lagu top 10 terlama.

Lalu, Artikal Sound System merupakan band reggae yang berbasis di Florida Selatan. Mereka telah berdiri sejak 2012 sebagai duo sebelum kemudian menambahkan musisi dan vokalis tambahan.

Sedangkan lagunya yang berjudul ‘Live Your Life’ milik Artikal Sound System dirilis pada 2017 melalui EP yang berjudul ‘Smoke and Mirrors’.

Bagaimana menurut kalian?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini