Usai Makan Olahan Daging, Coba 5 Minuman Sehat Ini untuk Turunkan Kolesterol

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat Hari Raya Idul Fitri biasanya orang makan makanan bersantan dan tinggi kolesterol. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa konsumsi minuman sehat ini agar kadar kolesterol terkendali.

Lebaran kurban identik dengan menyajikan berbagai macam olahan daging. Makanan seperti rendang, sate, gulai, opor, atau sop kambing memang sangat menggoda. Namun, jika tidak dikontrol maka dapat menimbun lemak serta kolesterol jahat.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk batasi porsi sajian daging yang dikonsumsi. Selain itu, beberapa minuman berikut juga mampu mengendalikan kolesterol jahat usai makan olahan daging. Apa saja ya kira-kira? Simak berikut ini.

1. Teh Hijau

Tak hanya membantu mengontrol berat badan dan menjaga badan agar tetap ideal, kandungan antioksidan pada teh hijau juga terbukti ampuh menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Setelah mencicipi daging, kamu bisa seduh teh hijau dengan air hangat lalu minum tanpa tambahan apapun.

2. Jus Jeruk

Selain segar dan dapat menghilangkan rasa haus, jus jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan melarutkan lemak tubuh, terlebih saat kita mengonsumsi daging.

3. Jus Jambu Biji

Kandungan serat dan vitamin C yang tinggi pada jambu biji, dinilai mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, kandungan vitamin A di dalamnya berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea mata.

4. Susu Kedelai

Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk rutin mengonsumsi susu kedelai setidaknya 25 gram per hari untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol yang tinggi.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu yang ternyata menyimpan segudang manfaat, lho. Salah satunya, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Yoghurt bekerja mengikat kolesterol pada usus sehingga keluar bersama kotoran.

Minuman ini mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik yang ada dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis minuman yang bisa turunkan kolesterol setelah mengonsumsi daging, semoga bermanfaat!

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini