Udah Gajian? Simak Tips Ampuh Mengelola Gaji Bulanan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hayo, siapa disini yang udah terima gaji? Pasti seneng banget kan? Biasanya dipakai untuk apa saja hasil dari gajimu?

Jangan dihabiskan begitu saja ya. Kamu perlu mengelolanya supaya bisa ditabung juga. Khususnya buat milenial nih, yang biasanya langsung kalap pas hari gajian tiba. Mulai dari belanja di e-commarce sampai beli makanan dan minuman yang kekinian di sosial media.

Memang gak bisa dipungkiri kalau kemajuan zaman dan teknologi membuat kebanyakan orang jadi konsumtif dan membeli barang-barang yang sebenarnya gak di perlukan. Terutama anak muda yang masih mengedepankan gaya hidup.

Untuk itu, generasi milenial perlu nih untuk menyimak tips mengelola uang gajian biar lebih terkontrol dan bisa bermanfaat untuk keuangan mereka.

  1. Buat Daftar Pengeluaran

Saat hari gajian tiba, dan kamu sudah memutuskan untuk membeli sesuatu, cobalah untuk mencatat daftar pengeluarannya. Kemudian kamu kurangkan dengan jumlah dari gaji yang kamu dapat.

Hal ini berguna agar kamu mengetahui sudah berapa banyak uang gajimu yang kamu pakai. Dengan demikian, kamu jadi sadar dan bisa mengerem pengeluaranmu biar gak jadi konsumtif.

2. Buat Daftar Barang yang Ingin Dibeli

Nah, biar uang gajianmu gak habis begitu saja kamu bisa membuat daftar barang-barang yang akan kamu beli. Lebih baik, kamu juga mencari tahu terlebih dahulu harga barang tersebut.

Selain biar lebih terarah, membuat daftar barang yang akan dibeli juga berguna biar kamu bisa menyiapkan budget terlebih dahulu. Buatlah daftar ini sedetail mungkin ya. Dan jangan lupa untuk mengutamakan keperluan-keperluan bulanan yang lebih penting.

3. Buat Dua Rekening

Biasanya, kebanyakan perusahaan menggaji karyawan mereka dengan metode transfer. Hal ini membuat kamu selalu tergiur setiap melihat saldo direkeningmu. Untuk itu, ada baiknya kamu memiliki dua rekening ya.

Memiliki dua rekening dirasa bisa membantumu mengelola pengeluaran dari uang gajianmu. Gunakanlah rekening pertama khusus untuk keperluanmu seperti, ongkos transport atau sekedar jajan-jajan. Dan gunakanlah rekening kedua khusus untuk menabung uang gajimu. dengan begitu, keuanganmu bisa lebih terarah dan gajimu gak habis sia-sia.

4. Bawa Uang Secukupnya

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengelola uang gajimu adalah membawa uang secukupnya. Terlebih saat kamu ingin belanja keperluan bulanan.

Jika kamu membawa uang lebih, maka akan terbesit dalam dirimu untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Dengan membawa uang pas, maka kamu akan berpikir dua kali sebelum membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

5.    Bergaul dengan Teman yang Sederhana

Terakhir, tak bisa dipungkiri bahwa lingkungan juga bisa membuatmu jadi konsumtif loh. Ada saja lingkungan pertemanan yang memiliki gaya hidup mewah dan berlebihan. Biar cara pengelolaan keuanganmu lebih maksimal, ada baiknya kamu mencari teman yang memiliki gaya hidup yang sederhana. Jika lingkuganmu merupakan lingkungan yang hemat, maka kamu juga bisa tertular memiliki gaya hidup yang sederhana.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini