Tubuh Terasa Lelah? Ini Jenis Istirahat yang Bisa Dilakukan Selain Tidur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Selama ini tidur menjadi obat mujarab untuk mengatasi tubuh dari kelelahan. Namun, istirahat tidak hanya tidur, banyak jenisnya agar kelelahan bisa diatasi.

Menurut praktisi kedokteran fungsional, William Cole ada lima jenis istirahat yang paling Anda butuhkan saat ini,

1. Waktu jeda

Istirahat dari tanggung jawab dapat terlihat berbeda untuk semua orang apakah itu menghalangi hari-hari tertentu dalam seminggu, mengambil jeda seminggu penuh, atau menjalani seluruh musim tanpa apa-apa. Anda tidak bisa mengalahkan kelelahan sampai Anda membiarkan diri Anda beristirahat.

2. Waktu sendirian

Dalam kesibukan sehari-hari, menyisihkan waktu untuk menyendiri dan menikmati kebersamaan Anda sendiri dapat membuat Anda merasa lebih segar daripada yang Anda harapkan. Menghabiskan waktu sendiri memberi Anda ruang untuk merenungkan segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda.

Ini tidak hanya akan memberi Anda kejelasan tentang situasi yang mungkin menjadi titik kelelahan, tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk mengenal diri sendiri lebih baik yang akan membantu Anda menetapkan batasan yang sehat dan mengetahui apa yang Anda perjuangkan ketika hidup menjadi stres dan melelahkan. 

3. Waktu tidur

Terkadang, Anda hanya perlu tidur yang sebenarnya untuk merasa beristirahat. Para ahli menyarankan untuk tidur berkualitas tujuh jam atau lebih setiap malam agar berfungsi optimal, jika Anda tidak mendapatkannya, tidak heran Anda merasa lelah sepanjang waktu.

Anda mungkin hanya perlu tidur siang untuk melakukan trik dan membantu Anda menjalani hari. Tetapi jika Anda merasa perlu istirahat seperti ini secara teratur, mungkin inilah saatnya untuk memikirkan untuk merehabilitasi kebiasaan tidur Anda.

4. Waktu di luar ruangan

Konsep Jepang shinrin-yoku, atau mandi hutan, bisa menjadi praktik yang sangat memulihkan. Penelitian bahkan menunjukkan itu dapat membantu menurunkan stres dan mendukung tingkat peradangan yang sehat.

Jadi luangkan waktu Anda sebentar untuk berjalan-jalan walaupun itu hanya 10 menit itu sudah cukup untuk membuat Anda merasa lebih segar.

5. Waktu bersama orang lain

Agar waktu yang dihabiskan bersama orang lain benar-benar menyegarkan, itu perlu bersama orang-orang di sekitar Anda yang bisa menjadi diri Anda yang paling utuh dan otentik.

Meskipun kita harus selalu berusaha untuk menjadi diri sendiri dalam setiap situasi, tidak semua orang harus mengetahui pergumulan, pikiran dan perasaan terdalam Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini