Tren Wanita Masa Kini Enggan Memiliki Anak, Apa Alasannya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dewasa ini, banyak wanita yang sudah menikah maupun belum menikah memutuskan untuk tidak ingin memiliki anak. Keputusan ini cukup menuai perdebatan di kalangan warganet.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Modern Motherhood Report menunjukkan bahwa 22 persen wanita tidak setuju dengan pasangannya perihal memiliki anak. Survei ini dilakukan pada 3.000 wanita dengan rentang usia 28-45 tahun.

Hasil lain dari survei ini menunjukkan bahwa 36 persen wanita merasa ragu untuk memiliki anak.

Kemudian penelitian juga dilakukan oleh Urban Institute, dimana didapatkan data bahwa tingkat kelahiran di kalangan wanita berusia 20-an telah turun 15 persen. Adapun penelitian lain dar Pew yang menyebutkan bahwa jumlah pasangan tanpa anak meningkat drastis, sekitar dua kali lipat sejak tahun 1970.

Berbagai alasan mendasari pengambilan keputusan oleh wanita pada generasi milenial seperti sekarang ini. Seringkali mereka tidak mau punya anak karena memiliki alasan seperti lebih tertarik dan ingin fokus pada karier, pendidikan hingga tujuan hidup lainnya.

Berikut alasan yang memengaruhi wanita tidak ingin memiliki seorang anak

1. Populasi Manusia di Dunia Sudah Berlimpah

Bagi sebagian wanita, kehadiran seorang anak di tengah-tengah kehidupan dengan pasangan akan menambah populasi manusia. Populasi manusia dinilai sudah tidak terkendali.

Melahirkan satu manusia dinilai akan memberikan beban yang lebih besar lagi kepada dunia. Mereka juga berpikir bahwa apabila penduduk bumi semakin padat, maka akan timbul masalah lingkungan.

2. Faktor Finansial

Kondisi finansial atau keuangan yang tidak stabil diantara dirinya dan pasangan membuat sebagian wanita mengurungkan niat untuk memiliki anak. Pendapat lain menyebuttkan bahwa mereka menganggap mengurus kehidupan diri sendiri dan pasangan sudah menimbulkan kesulitan, sehingga mereka tidak ingin menambah beban dengan kehadiran seorang anak.

3. Tidak Ingin Sakit Karena Hamil dan Melahirkan

Ada beberapa wanita yang beranggapan bahwa mereka tidak ingin merasakan sakitnya melahirkan atau perasaan tidak nyaman saat kehamilan. Mereka berpikir bahwa melahirkan dan kelahiran adalah suatu penderitaan fisik yang amat berat dan menyiksa.

4. Tidak Menyukai Anak Kecil

Kehadiran anak kecil dianggap sebagai hal yang merepotkan. Seperti rengekan, tangisan hingga kebisingan dianggap tercipta karena kehadiran anak di dalam kelurga, Anak keci juga dinilai akan mengganggu kehidupan berumah tangga ia dengan pasangan nantinya.

5. Tidak Mampu Menjadi Orang Tua

Menjadi orang tua bukan sesuatu yang mudah. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk merawat hingga mendidik anak-anaknya. Hal ini yang menjadikan salah satu alasan wanita tidak ingin memiliki anak. Mereka menganggap diri mereka belum baik, sehingga ingin mengurus dan memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini