Tips Dapatkan Teman Baru untuk yang Introvert

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin menjalin suatu hubungan pertemanan baru bagi extrovert dan ambivert adalah hal yang mudah. Namun bagi yang introvert akan sulit menemukan teman dekat dan ruang lingkup mereka cenderung kecil.

Apalagi selama era COVID-19 menjalin teman baru semakin sulit karena mungkin sebagian orang lebih senang berinteraksi tatap muka. Walaupun pertemanan jarak jauh melalui aplikasi video call sangat menarik.

Lalu bagaimana cara mencari teman untuk introvert. Mungkin beberapa tips dari Healthline ini bisa membantu kaum introvert mendapatkan teman baru.

1. Cari tau alasanmu mencari teman

Coba tanyakan pada diri sendiri apa yang membuatmu ingin mencari relasi baru. Apakah itu karena untuk kepentingan pekerjaan atau menambah wawasan baru.

2. Utamakan kualitas daripada kuantitas

Seorang ekstrovert atau ambivert memiliki energinya dalam berbincang-bincang atau berbasa-basi. Lain halnya dengan seorang introvert yang cepat terkuras habis energinya dengan hal seperti itu.

Tak masalah, yang penting adalah utamakan kualitas daripada kuantitas pertemananmu agar hubungan yang tercipta jadi lebih bermakna.

3. Cari teman dengan minat yang sama

Salah satu cara mencari teman yang mudah adalah memiliki minat yang sama. Seperti menyukai musik K-Pop, suka membaca buku, atau hobi lainnya.

Biasanya karena ini hubungan pertemanan kalian lebih menarik dan bisa langgeng.

4. Tingkatkan rasa percaya diri

Introvert dan pemalu itu berbeda. Biasanya seorang introvert terhalang oleh rasa percaya diri mereka yang kurang dalam bersosialisasi.

Jangan takut, tingkatkan rasa percaya dirimu dan yakinkan diri bahwa seseorang itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

5. Ubahlah kebiasaanmu, bukan identitasmu

Tak perlu berusaha mengubah kepribadianmu jadi extrovert atau ambivert. Jadilah dirimu sendiri tanpa harus berpura-pura menjadi yang bukan dirimu.

Janganlah memaksakan diri dan lakukanlah sebisamu. Sebab, hal itu bisa jadi bumerang untuk orang-orang introvert.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantumu mendapatkan teman baru. Namun jika kamu masih merasa kesepian atau malah membuatmu stres karena merasa kehidupamu terganggu, cobalah konsultasi ke psikolog untuk mendapatkan saran yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini