Tidur Berkualitas Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kita semua telah mendengar betapa pentingnya tidur nyenyak. Tapi kita masih sering mengabaikannya dan melupakan berbagai manfaat dari tidur yang diberikan kepada kita.

Untuk diketahui bahwa, pikiran manusia tidak tertidur bahkan jika Anda sedang tidur. Ini adalah keadaan pikiran yang aktif, di mana tubuh bekerja untuk memperbaiki dirinya sendiri, meregenerasi sel-sel, mengembalikan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan menenangkan pikiran.

Peran utama tidur adalah mempromosikan penurunan berat badan, yang sering dilupakan orang. Tidur yang sehat adalah kunci untuk perjalanan penurunan berat badan yang baik.

Anda yang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk memprioritaskan istirahat, pemulihan, dan tidur. Jadi, tidur malam yang berkualitas dapat meningkatkan penurunan berat badan, sementara kurang tidur bisa menjadi kendala.

Kurang tidur atau pola tidur yang buruk dan terganggu dapat menyebabkan perubahan metabolisme dan hormon, yang dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan mengidam serta penurunan sensitivitas insulin.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki rutinitas tidur yang baik dan kebersihan tidur, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Melansir Times of India, selain dapat membantu menurunkan berat badan, tidur berkualitas juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

Meningkatkan metabolisme

Tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini lebih kuat daripada mereka yang kurang tidur. Sebab kurang tidur dapat menyebabkan disregulasi metabolik, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Mengurangi tingkat stres

Tidur yang cukup dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Ada hubungan antara stres dan obesitas. Stres kronis dapat menyebabkan “kenyamanan makan”, di mana orang cenderung makan berlebihan, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Mengisi ulang tubuh dan membuat Anda sadar

Meskipun otak kita bekerja sepanjang waktu, itu perlu istirahat. Tidur membuat pikiran tetap tenang dan memberikan waktu istirahat yang layak. Penting untuk memiliki tidur yang baik karena otak yang terus bekerja tidak dapat membuat keputusan yang tepat.

Meningkatkan tingkat energi

Jika Anda cukup istirahat, kemungkinan besar Anda akan lebih energik keesokan harinya. Tubuh menghemat energi yang dimiliki selama jam tidur dan menggunakannya untuk tugas-tugas penting di hari-hari mendatang.

Bertindak sebagai penambah kekebalan

Anda lebih rentan terhadap virus dan infeksi jika Anda kurang tidur. Saat kita tidur, energi yang digunakan untuk berbagai tugas tubuh hanya dapat digunakan oleh sistem kekebalan tubuh. Tidur malam yang berkualitas memungkinkan tubuh memiliki kekebalan seimbang yang dapat melawan berbagai infeksi. Tubuh menyembuhkan dirinya sendiri saat tidur dan cedera cenderung lebih cepat sembuh pada malam hari daripada di siang hari.

Cara membangun rutinitas tidur yang baik

Penting bagi Anda untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Ada kebiasaan lain yang bisa Anda kombinasikan dengan tidur yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur Anda, kebiasaan tersebut adalah:

  • Kurangi konsumsi kafein
  • Batasi penggunaan layar dan gadget sebelum tidur
  • Konsumsi makanan berserat tinggi
  • Hidrasi diri sendiri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini