Terpapar Omicron, Ini 4 Cara untuk Menyembuhkannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Varian Omicorn dari virus covid-19, memang tergolong lebih ringan gejalannya dibandingkan dengan varian Delta. Namun, walau ringan masyarakat jangan menyepelekan hal tersebut karena juga dianggap berbahaya.

Gejala awal yang sering terjadi mirip sekali flu, penderita mengalami demam, pusing, pilek dan sakit tenggorokan dan kelelahan.

Nah, apabila salah satu dari kalian terpapar, berikut cara cepat sembuh dari Covid-19 Omicron.

Meski disebut bergejala ringan, varian ini menyebar 3 sampai 4 kali lebih cepat dibanding varian Delta. Sehingga, tak heran jika kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak setelah adanya varian ini.

Ahli Paru dan Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlang Samoedro mengatakan, varian Omicron sama seperti virus lainnya yang bisa sembuh seiring berjalannya waktu.

Berikut empat cara agar cepat sembuh dari Omicron:

1. Minum obat Antivirus

Pasien Omicron dapat mengonsumsi obat antivirus. Sedikitnya ada empat obat antivirus Covid yang disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakni Favipiravir, Molnupiravir, Paxlovid, dan Remdesivir. Beberapa di antaranya bisa didapat gratis di aplikasi telemedisin.

“Itu sih [Omicron sebenarnya kalau virus akan sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat bisa dikonsumsi obat antivirus,” katanya.

Kendati demikian, jangan sembarang mengonsumsi obat antivirus tanpa anjuran atau resep dari dokter.

2. Minum Multivitamin dan Zinc

Selain mengonsumsi antivirus, pasien Omivron juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dan zinc. “Vitamin C, D, dan zinc,” katanya.

3. Rajin mencuci mulut dan hidung

Erlang mengatakan, sering mencuci mulut dan hidung juga dapat menjadi cara cepat sembuh dari Omicron.

Mencuci hidung atau nasal washing dapat menjaga kesehatan hidung dari paparan bakteri, debu dan virus. Nasal washing bisa menggunakan cairan yang mengandung senyawa NaCl atau garam. Biasa dilakukan 1 atau 2 kali dalam satu hari.

Mencuci hidung bisa juga dilakukan dengan menggunakan nose sanitizer, cairan yang digunakan untuk membersihkan rongga hidung. Cairan ini umumnya berisi antiseptik seperti iodine atau yodium.

Larutan ini bekerja dengan membilas saluran hidung. Ia juga dapat mengembalikan kelembapan dan meredakan radang.

4. Berjemur

Cara cepat sembuh dari Omicron lainnya yakni berjemur. Erlang menyebut aktivitas ini sangat penting untuk pasien Omicron. Pasalnya, sinar matahari dapat meningkatkan imunitas tubuh.

“Kalau berjemur kan meningkatkan sistem imunitas kita. Jadi matahari itu membantu menyerap vitamin D lebih banyak,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas Wujudkan Kelancaran Pilkada

Pilkada yang damai dan aman bukanlah sekadar impian, melainkan suatu keharusan yang bisa kita wujudkan bersama. Dengan sinergi optimal...
- Advertisement -

Baca berita yang ini