Ternyata Ini Lho Bahaya Konsumsi Makanan Terlalu Pedas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Artis sekaligus presenter Irfan Hakim sempat dilarikan ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) sebuah rumah sakit, setelah mengikuti tantangan One Chip Challenge atau makan keripik terpedas di dunia.

Makanan pedas memang sering dicari oleh banyak orang, karena sensasi pedas dapat membuat makanan semakin nikmat. Rasa pedas dari cabai diketahui dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Akan tetapi, jika konsumsi makanan dengan tingkat kepedasan yang tinggi justru akan berbahaya bagi kesehatan, khususnya untuk lambung.

Berikut ada 6 bahaya bagi tubuh jika mengonsumsi makanan terlalu pedas yang perlu kamu ketahui.

1. Perut Mulas

Setelah mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, semua orang pasti akan merasakan mulas pada perut. Hal itu terjadi karena makan makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mengakibatkan terjadinya diare.

Saat sampai di usus besar, efek iritasi dari makanan pedas bisa langsung terasa. Kemudian, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses keluar dari usus besar.

2. Maag Akut

Maag akut atau gastritis merupakan penyakit akibat peradangan di dinding lambung. Umumnya ini terjadi dengan nyeri di bagian ulu hati. Gejala penyakit ini adalah mual, muntah, perut kembung, dan diare.

3. Refluks Asam

Refluks asam terjadi dimana kadar asam pada lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada kerongkongan, seperti peradangan dan nyeri.

4. GERD

Bahaya makan pedas dapat memicu Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung. Kondisi ini menyebabkan rasa panas seperti terbakar pada dada dan terkadang menjalar hingga saluran kerongkongan. GERD merupakan refluks asam kronis yang lebih parah.

5. Insomnia

Biasanya efek dari makanan pedas tidak langsung dirasakan saat itu juga. Efek tersebut baru dirasakan beberapa jam setelah mengonsumsi makanan pedas. Sehingga perut yang bereaksi dari makan terlalu pedas tersebut dapat menyebabkan insomnia dan akan terjaga di malam hari.

 6. Menyakiti Lidah

Makan makanan terlalu pedas bisa menyebabkan lidah seperti terbakar, dan lama kelamaan dapat mengurangi sensitivitas dalam mengecap rasa, bahkan bisa sampai mati rasa. Jadi saat mengonsumsi makanan, lidah tidak bisa merasakan yang namanya rasa asin, manis, ataupun pedas.

Nah, itulah 6 bahaya bagi kesehatan jika kamu mengonsumsi makanan terlalu pedas. Namun, sebaiknya makan pedas tidak dikonsumsi secara berlebihan, agar manfaat yang terkandung pada cabai tidak menimbulkan efek bahaya bagi tubuh.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini