Soal dan Jawaban Materi Tanaman, Serangga & Binatang Kecil 1-3 SD di TVRI 9 Oktober 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Membaca Buku: Tanaman, Serangga & Binatang Kecil, Karang Gigi untuk Makiki’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Jumat, 9 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Bagaimana cara Kupu-kupu menolong Bunga Jepun?
– Dengan menghalangi hembusan angin dengan daun.
– Menggunakan getah pohon. Karena daun yang sangat berat, Kupu-kupu memanfaatkan getah daun untuk membuat bunga lengket.
– Menggunakan bantuan jaring laba-laba. Laba-laba menawarkan jaringnya kepada kupu-kupu untuk menyelamatkan daun agar tidak terjatuh.
Hingga kemudian angin tidak bertiup kencang. Tetapi bunga Jepun kecil jatuh juga. Meski demikian bunga jepun kecil dibawa pergi dan dimanfaatkan penari untuk menari. Jepun kecil kini tampak lebih indah diatas kepala para penari.

2. Apa saja perbedaan dan persamaan Ulat Ngengat dan Ulat Kupu-kupu?
a. Perbedaan :
– Ulat ngengat badannya berbulu halus sementara ulat kupu-kupu tidak berbulu.
– Pada saat kupu-kupu dalam bentuk ulat, ulatnya memiliki tubuh berduri atau halus, tidak menyebabkan gatal, tidak memiliki tanduk pada ekor, memiliki esmetrium (organ pertengahan pada larva), serta memiliki delapan pasang kaki.
Sedangkan ulat pada ngengat memiliki rambut atau halus, dapat menyebabkan gatal, memiliki tanduk pada ujung abdomen, tidak memiliki osmetrium (organ pertahanan pada larva), serta memiliki jumlah kaki yang bervariasi (berbeda setiap family).
– Ulat ngengat membentuk pupa kepompong sedangkan ulat kupu-kupu membentuk pupa krisalis
– Ketiak menetas mereka memiliki bentuk tubuh dan sayap yang berbeda
– Ngengat bangun di malam hari, sedangkan kupu-kupu bangun di siang hari

b. Persamaan :
– Memiliki jumlah kaki yang sama yaitu 6 kaki
– Memiliki cara berjalan yang sama
– Ulat ngengat dan ulat kupu-kupu sama-sama berjalan melata di atas tanah.
– Makanan mereka sama
– Cara mereka bertelur sama

3. Mengapa Makiki meminta izin kepada Ikan Besar untuk masuk ke dalam mulutnya?
Makiki meminta izin kepada Ikan Besar untuk masuk ke dalam mulutnya agar ikan besar tidak memakannya ketika Makiki menggigiti dan memakan karang gigi yang menempel di gigi ikan besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pembangunan Infrastruktur Sekolah Rakyat jadi Tonggak Pemerataan Pendidikan

Oleh: Didin Waluyo)* Komitmen pemerintahan Prabowo Subianto dalam mewujudkan akses pendidikanyang lebih merata terlihat semakin nyata. Pemerintah akhirnya menetapkanDesember 2025 sebagai titik awal pembangunan Infrastruktur Sekolah Rakyat.  Langkah ini dipandang sebagai dorongan baru untuk menegaskan bahwapendidikan tidak boleh menjadi hak istimewa bagi segelintir kelompok saja.Pembangunan ini juga menjadi sinyal kuat bahwa negara mulai menempatkankualitas dan aksesibilitas pendidikan sebagai prioritas utama.  Pembangunan infrastruktur ini masuk dalam pembangunan tahap II yang dilakukandi 104 lokasi di seluruh Indonesia. Dengan memulai proyek pada akhir 2025, pemerintah ingin memastikan bahwa percepatan pembangunan dapat segeradirasakan oleh masyarakat luas. Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengatakan, Pembangunan Sekolah Rakyat Adalah bentuk nyata komitmen pemerintah untuk membangunsumber daya manusia yang unggul. Ia menjelaskan bahwa Pembangunan tahap II dilakukan guna memperluas akses Pendidikan berkualitas bagi anak-anak darikeluarga kurang mampu.  Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian PU, total anggaran yang dialokasikan untuk percepatan pembangunan Sekolah Rakyat ini sebsar Rp20 triliun, yang mana biaya pembangunan diperkirakan Rp200 miliar per sekolah. Sementara itu 104 lokasi yang tersebar antara lain, 27 lokasi di Sumatera, 40 lokasidi Jawa, 12 lokasi di Kalimantan,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini