Soal dan Jawaban Materi Sahabat Pemberani : Terjebak di Hutan Lindung 1-3 SD di TVRI 2 September 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Sahabat Pemberani : Terjebak di Hutan Lindung’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Rabu, 2 September 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Ceritakan kembali dengan bahasamu sendiri isi cerita dalam video Sahabat Pemberani yang telah kamu saksikan!

Pada suatu hari Khrisna, Panji dan Kirana bersama teman dan guru di sekolahnya melakukan perjalanan menggunakan truk menuju perkemahan yang berada di dalam hutan lindung.

Saat perjalanan menggunakan mobil, sopir melihat seekor rusa menyeberang. Sopir pun langsung menghentikan laju kendaraan agar rusa itu tidak tertabrak.

Akibatnya, penumpang di belakang seperti Khrisna hilang keseimabangannya hingga tasnya terlempar ke luar. Khrisna kemudian turun dari truk untuk mengambil kembali tasnya.

Ia khawatir karena banyak makanan di dalam tasnya. Kirana dan Panji mengejarnya. Ternyata tasnya tersangkut di atas pohon, dan Ia berusaha mengambilnya. Karena sopir tidak mengecek ke belakang. Khrisna, Panji dan Kirana pun tertinggal.

Khrisna terjatuh dari pohon, kemudian Panji mengobati lukanya dan Kirana memberi minuman. Mereka tersadar telah terjebak di hutan dan tak mungkin kembali ke jalan raya karena kaki Khrisna masih sakit.

Mereka pun berjalan menelusuri hutan kemudian bertemu Mogo dan Kumbi. Saat meneruskan perjalanan, mereka menemukan sumber air dan Panji menyiapkan api unggun untuk memasak air itu.

Dalam situasi terdampar, mereka sepakat membagi rata perbekalan dan mendirikan tenda. Karena stok makanan terbatas, mereka mempunyai ide mencari desa.

Panji dan Kirana menemukan kebun pisang dan pemilik kebun datang. Keduanya menjelaskan jika mereka tersesat.

Kemudian kakek pemilik kebun memberi satu sisir pisang pada mereka. Panji dan Kirana pun kembali ke tenda dan tidak menemukan Khrisna.

Saat itu Khrisna sedang mencari sinyal di atas bukit. Mama Khrisna pun menelepon. Akhirnya mereka pun berteriak “Horee kita pulang”.

TAMAT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Sleman Gelar PSU pada 24 Februari 2024 di 11 TPS, PPS dan PPK Dipilih Ketat

Mata Indonesia, Sleman - KPU Sleman segera menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) sesuai rekomendasi sebelumnya. Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bumi Sembada yang akan menjadi lokasi PSU dan PSL.
- Advertisement -

Baca berita yang ini