Soal dan Jawaban Materi Pancasila 4-6 SD di TVRI 17 November 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Pancasila’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 17 November 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Siapakah yang merancang lambang negara Indonesia? Lalu kapan diresmikannya garuda sebagai lambang negara?
Lambang negara Indonesia dirancang oleh Sultan Hamid II dengan nama lengkap Syarif Abdul Hamid Alkadrie dari Pontianak.
Kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

2. Jelaskan nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam pancasila!
1). Nilai Ketuhanan.
2). Nilai Kemanusiaan.
3). Nilai Persatuan.
4). Nilai Kerakyatan.
5). Nilai Keadilan.

Berikut penjelasannya:
1). Sila ke 1 Pancasila memiliki Nilai Ketuhanan, bermakna bahwa Indonesia mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Bermakna juga bahwa setiap warga negara diberikan kebebasan dalam beribadah dengan caranya masing–masing tanpa mendapat paksaan dari pihak manapun.

2). Sila ke 2 Pancasila memiliki Nilai Kemanusiaan, bermakna bahwa setiap tatanan masyarakat tidak terbatas kepada Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan wajib bersikap dan berperilaku sesuai norma dan adat istiadat yang berlaku, serta berhak mendapatkan persamaan derajat guna menciptakan keadilan dalam kemanusiaan.

3). Sila ke 3 Pancasila memiliki Nilai Persatuan, bermakna bahwa walaupun masyarakat Indonesia terdiri dari beragam pulau, etnis, suku, bahasa daerah, agama, warna kulit, dsb, namun tetap wajib mendapat persamaan kedudukan, serta persamaan kesejahteraan dibawah naungan pemerintah guna menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

4). Sila ke 4 Pancasila memiliki Nilai Kerakyatan, bermakna bahwa dalam tatanan bernegara di Indonesia perlu dilakukan secara demokrasi. Demokrasi yang berasalkan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat guna mencapai mufakat melalui lembaga–lembaga perwakilan.

5). Sila ke 5 Pancasila memiliki Nilai Keadilan, bermakna bahwa setiap lini maupun tingkatan masyarakat berhak mendapatkan kesamaan kesejahteraan dimana hal ini merupakan tujuan dasar bangsa Indonesia untuk mensejahterakan seluruh rakyatnya.

3. Jelaskan bagaimana bentuk pengamalan nilai-nilai pancasila di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat!
1). Sila 1: Ketuhanan Yang Maha Esa

> Di Lingkungan Keluarga
– Berusaha menjadi anak yang shalih shalihah atau menjadi anak yang dekat kepada agama serta berbakti kepada ke dua orangtua.
– Mengajarkan nilai-nilai religius akan Ketuhanan Yang Esa.

> Di Lingkungan Sekolah
– Mengajak teman untuk shalat berjamaah.
– Saling menghormati teman yang berbeda agama.

> Di Lingkungan Masyarakat
– Saling menghargai antar teman yang berbeda agama.
– Mengajak teman seiman untuk berhijrah menjadi lebih baik.

2). Sila 2: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

> Di Lingkungan Keluarga
– Tidak bersikap sewenang-wenang terhadap adik sendiri.
– Bertingkah penuh sopan dan santun terhadap orangtua.

> Di Lingkungan Sekolah
– Gemar membantu teman-temannya yang berada dalam kesusahan.
– Mentraktir teman untuk makan di kantin.

> Di Lingkungan Masyarakat
– Bermain bersama teman dengan penuh adab, tata krama, dan sopan santun.
– Tidak memanggil teman dengan sebutan yang buruk.

3). Sila 3: nilai Persatuan Indonesia

> Di Lingkungan Keluarga
– Tidak mudah bertengkar di dalam rumah.
– Senantiasa menjaga amarah dan emosi.

> Di Lingkungan Sekolah
– Berteman dengan siapa saja.
– Menghindari perbuatan tawuran antar sekolah.

> Di Lingkungan Masyarakat
– Menghindari perkelahian dengan teman.
– Menjaga hubungan silaturahmi dengan teman.

4). Sila 4: Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

> Di Lingkungan Keluarga
– Tidak memaksakan anggota keluarga yang lain untuk berperilaku di luar kemampuannya.
– Menjadi kepala keluarga yang penuh tanggung jawab dan kasih sayang.

> Di Lingkungan Sekolah
– Melakukan musyawarah OSIS dengan musyawarah.
– Memilih pengurus-pengurus kelas secara arif.

> Di Lingkungan Masyarakat
– Bersama-sama menentukan formasi terbaik untuk bertanding dalam permainan sepak bola.
– Berunding untuk menentukan siapa yang berhak bermain pertama.

5). Sila 5: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

> Di Lingkungan Keluarga
– Menghargai seluruh hak-hak setiap komponen keluarga.
– Menjalankan kewajiban di rumah sebaik mungkin.

> Di Lingkungan Sekolah
– Menjadi ketua kelas yang amanah dalam mengemban tugas.
– Bersikap adil terhadap junior kelas.

> Di Lingkungan Masyarakat
– Tidak bermain permainan yang hanya menguntungkan diri sendiri.
– Tidak sombong terhadap teman apabila memenangkan permainan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini